GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN AL GHAZALI DAN AZ-ZARNUJI

Al faidah, Nurin (2022) GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN AL GHAZALI DAN AZ-ZARNUJI. Undergraduate thesis, UIN khas Jember.

[img] Text
1. LOGO UIN.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.iain-jember.ac.id/cgi/oai2

Abstract

ABSTRAK
Al- Faidah, Nurin 2021. Guru dalam pendidikan islam perspektif pemikiran Imam Al-Ghazali dan Az-Zarnuji. Tesis. Program studi pendidikan agama islam pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I. Dr. H. Mashudi, M. Pd, pembimbing II. Dr. H. Ubaidillah, M. Ag.
Kata kunci: Guru, Pendidikan Islam
Guru adalah orang yang paling utama dalam membina akhlak, sera mencerdaskan siswa selain itu juga guru harus memenuhi persyaratan layaknya ia sebagai guru seperti harus dewasa, alim, santun serta penyayang, dan juga harus memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru bagaimana ia harus berperan aktif menjadi guru agar siswa yang ia ajarkan tidak bertentangan dengan norma tugas dan tanggung jawab guru seperti, memberikan pengetahuan, keterampilan, serta kasih sayang yang tulus kepada siswa, dan juga nasehat yang baik kepada siswa karena siswa bukan hanya ingin belajar terus menerus tetapi siswa juga butuh pendekatan yang baik dari guru untuk selalu menasehati dan menyayangi sepenuh hatinya dengan penuh rasa tanggung jawab, dan merubah akhlak siswa menjadi lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru dalam pendidikan islam perspektif pemikiran Imam Al-Ghazali dan Az-Zarnuji yang telah dikfokuskan dalam Fokus penelitian ini, pertama, Bagaimana kajian paradigmatik makna guru dalam pendidikan islam perspektif pemikiran Al-Ghazali dan Az-Zarnuji?, kedua, Bagaimana syarat dalam memilih guru dalam pendidikan islam perspektif pemikiran Imam Al-Ghazali dan Az-Zarnuji?, ketiga, Bagaimana tugas dan tanggung jawab guru dalam pendidikan islam perspektif pemikiran Imam Al-Ghazali dan Az-Zarnuji
Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research), tehnik pengumpulan datanya menggunakan: domukentasi, sedangkan sumber datanya menggunakan primer dan sekunder, analisis datanya menggunakan conten analisis, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
Temuan penelitian ini adalah pertama, menurut Imam Al-Ghazali guru dalam pendidikan islam seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab atas pendidikan dan pengajaran, sedangkan Az-Zarnuji bahwa guru dalam pendidikan islam yakni membimbing, mengarahkan, serta mescukin diri, kedua syarat yang harus dimiliki guru dalam pendidikan islam menurut Al-Gazali yaitu bersikap lemah lembung, kasih sayang, tidak menuntut upah, tidak menyembunyikan ilmunya, serta tidak menuntut murid mengikuti kecenderungannya, sedang Az-Zarnuji mengungkapkan kabwa guru harus memenuhi syarat sebagai guru yaitu harus alim, wara’, penyayang, santun, lebih dewasa (kebapakan), tidak, tidak menuntut siswa harus mengikuti sikapnya, tidak meminta upah, menjauhi sifat tercela, menjaga diri, penyabar, ketiga, tugas dan tanggung jawab guru dalam pendidikan islam perspektif pemikiran Imam-Al-Ghazali seperti, membersihkan, mengarahkan anak didik,mengikuti jejak rasullah, menjadi teladan bagi anak didik, menghormati kode etik guru, sedangkan tugas dan tanggung jawab guru dalam pendidikan islam perspektif Az-Zarnuji yaitu, memberikan kasih sayang dan nasehat, memberikan pengetahuan dan keterampilan, memberikan hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Nurin Al faidah
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:15
Last Modified: 05 Jul 2022 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8502

Actions (login required)

View Item View Item