Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan sarana prasarana di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Amanatulloh Gambiran Banyuwangi

Mufasiroh, Hafidatul (2022) Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan sarana prasarana di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
watermarkHAFIDATUL.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Hafidatul Mufasiroh, 2022, Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sarana Prasarana Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember, Pembimbing 1) Dr. H. Hepni, S.Ag, M.M. 2) Dr. H. Khotibul Umam, M.A.

Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan Pendidikan , Sarana Prasarana Pendidikan

Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Tidak ada kegiatan pendidikan yang dapat mengabaikan peranan keuangan maupun pembiayaan, karena tanpa keuangan maka proses pendidikan tidak dapat berjalan secara optimal. Fungsi pembiayaan tidak mungkin dipisahkan dari fungsi lainnya dalam pengelolaan sekolah. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pembiayaan menjadi masalah sentral dalam pengelolaan kegiatan pendidikan.
Fokus penelitian ini : 1. Bagaimana proses penyusunan anggaran dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi ? 2.Bagaimana proses pembukuan pembiayaan dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi? 3. Bagaimana proses audit dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi?

Tujuan penelitian ini : 1. Untuk mendeskripsikan proses penyusunan anggaran dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. 2. Untuk mendeskripsikan proses pembukuan pembiayaan dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. 3. Untuk mendeskripsikan proses audit dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mendeskripsikan dan menganalisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan, 1. Observasi partisipan, 2. Wawancara mendalam, dan 3. Studi dokumentasi.

Hasil temuan yang peneliti temukan dalam penelitian ini berupa strategi pembiayaan pendidikan di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi dalam meningkatkan sarana prasarana, manajemen pembiayaan sekolah menggunakan tiga strategi berikut: 1. Budgeting (perencanaan pembiayaan) 2. Accounting (pembukuan pembiayaan) 3. Auditing (pemeriksaan pembiayaan). Perencanaan pembiayaan yang sudah disepakati tim manajemen, tenaga pendidik dan kependidikan. Dalam merencanakan pembiayaan pendidikan sekolah, antara anggaran yang masuk dan anggaran yang keluar harus sesuai, dalam hal ini dituangkan dalam rencana anggaran pendapatan dan biaya sekolah (RAPBM) yang merupakan anggaran menyeluruh yang diperoleh sekolah baik itu dari BOS, SPP, dan bantuan yang lain. Setelah perencanaan RAPBM kemudian membuat rencana kegiatan anggaran madrasah (RKAM) yang dilaksanakan oleh bendahara sekolah. Keefektifan pembiayaan di SMP Amanatulloh Gambiran Banyuwangi menggunakan tiga strategi yaitu: mekanisme perencanaan anggaran, menghitung anggaran yang dibutuhkan, dan pelaksanaan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Depositing User: Mufasiroh Hafidatul
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:49
Last Modified: 06 Jul 2022 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item View Item