IMPLEMENTASI METODE DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ROSIFUL AQLI, 084 114 022 (2016) IMPLEMENTASI METODE DIROSATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Rosiful Aqli, 2016. Implementasi metode dirosati dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ al-Falah Wuluhan
Jember tahun pelajaran 2014/2015.

Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril
kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW menganjurkan pengajaran AlQur’an
dimulai
sejak
masa

kanak-kanak karena pada masa itu terkandung potensi
belajar yang sangat kuat dan besar. Untuk memudahkan anak membaca Al-Qur’an
dengan baik (lancar, cepat, tepat dan benar) perlu menggunakan metode dan
srategi tertentu. Banyak metode yang dibuat oleh para ahli pendidikan Islam,
salah satunya adalah metode dirosati, metode ini memiliki keunggulan yaitu
ditambahkannya materi-materi pendidikan Islam lain yang mendukung pengajaran
baca Al-Qur’an seperti belajar menulis, hafalan do’a-do’a harian, ibadah, bahasa
arab dan materi Islam lainnya. Dengan materi utama yaitu baca Al-Qur’an beserta
kaidah ilmu tajwid. Salah satu lembaga pendidikan Al-Qur’an yang juga
mengembangkan metode dirosati ini adalah TPQ al-Falah Wuluhan Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an

dengan fasih di TPQ al-Falah Wuluhan Jember? 2) Bagaimana
implementasi metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an
dengan
tartil
di
TPQ
al-Falah
Wuluhan
Jember?

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang implementasi
metode dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan
fasih serta mendiskripsikan tentang implementasi metode dirosati dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan
dokumentasi. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling
dan yang menjadi sampel diantaranya ialah ketua Yayasan, ustadz-ustadzah dan
santri. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model siklus
interaktif, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan
teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam meningkatkan
keterampilan membaca Al-Qur’an dengan fasih tersebut ada beberapa komponen
yang diterapkan di TPQ al-Falah di antaranya Keterampilan membaca huruf
hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf, shifatul huruf dan tajwid yang dikemas
dengan metode dirosati yang sudah di sesuaikan dengan kondisi santri/santriwati
di TPQ al-Falah. 2) Dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an
dengan tartil tersebut ada dua komponen yang diterapkan di TPQ al-Falah yaitu al
maddu wal qoshru dan al waqfu wal ibtida’ yang dikemas dengan metode dirosati
yang sudah disesuaikan dengan kondisi santri/santriwati di TPQ al-Falah

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: DIROSATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:40
Last Modified: 20 Sep 2017 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item