Silvi Mahda Fuani, 084 121 070 (2016) PEMBERDAYAAN ANAK YATIM PIATU DAN FAKIR MISKIN MELALUI PENDIDIKAN DI YAYASAN YATIM PIATU DAN FAKIR MISKIN AN NAJAH DESA TANGGUL KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (911kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (504kB) | Preview |
Abstract
Silvi Mahda Fuani, 2016: Pemberdayaan Anak Yatim Piatu Dan Fakir Miskin
Melalui Pendidikan Di Yayasan Yatim Piatu Dan Fakir Miskin An Najah Desa
Tanggul Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember
Anak sejatinya adalah aset negara yang turut menentukan nasib bangsa,
sama halnya dengan anak yatim piatu dan fakir miskin. Dengan pendidikan
diharapkan mereka akan memiliki wawasan luas serta kemandirian untuk dapat
hidup dan bertanggung jawab atas tindakannya sendiri di dalam masyarakat.
Mendidik anak yatim termasuk bagian dari perbuatan ihsan kepadanya, sudah
menjadi hak bagi anak yatim untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan
seimbang. Pemberdayaan di bidang pendidikan dianggap hal yang tepat oleh
yayasan yatim piatu dan kaum dhua’fa An Najah. Karena pendidikan adalah pintu
utama dalam mencapai pemberdayaan. Anak yatim piatu diberikan pendidikan
baik secara formal ataupun non formal.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus
penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pemberdayaan anak yatim piatu dan
fakir miskin melalui pendidikan formal di yayasan yatim piatu dan fakir miskin
An Najah? 2) Bagaimana pemberdayaan anak yatim piatu dan fakir miskin
melalui pendidikan non formal di yayasan yatim piatu dan fakir miskin An Najah?
Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk
mendeskripsikan pemberdayaan anak yatim piatu dan fakir miskin melalui
pendidikan formal di yayasan yatim piatu dan fakir miskin An Najah. 2) Untuk
mendeskripsikan pemberdayaan anak yatim piatu dan fakir miskin melalui
pendidikan non formal di yayasan yatim piatu dan fakir miskin An Najah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
dan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam menentukan
subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data
dalam skripsi ini menggunakan deskriptif reflektif, melalui tiga cara yaitu reduksi
data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini, 1) Pemberdayaan anak yatim piatu dan fakir miskin melalui
pendidikan formal di yayasan yatim piatu dan fakir miskin An Najah
diselenggarakan berbagai program yaitu bantuan biaya sekolah, Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD), dan Sekolah Luar Biasa (SLB). 2) Pemberdayaan anak yatim
piatu dan fakir miskin melalui pendidikan non formal di yayasan yatim piatu dan
fakir miskin An Najah, yayasan menyelenggarakan beberapa program antara lain
Taman Pendidikan Tahfidzul Qur’an, Taman Pendidikan Al – Qur’an Terpadu,
Madrasah diniyah dan Bimbingan belajar
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBERDAYAAN ANAK YATIM PIATU DAN FAKIR MISKIN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 02:56 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
View Item |