Hubungan Antara Kecemasan Matematika (Anxiety Math) dengan Pemahaman Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar di MTs Al-Azhar Jember

Virginia, Fitrizenko (2022) Hubungan Antara Kecemasan Matematika (Anxiety Math) dengan Pemahaman Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar di MTs Al-Azhar Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi virgin.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Kecemasan Matematika, Pemahaman Matematis, Aljabar.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kecemasan yang dialami
sebagian besar siswa kelas VII dalam belajar matematika terutama pada bab
Aljabar di MTs. Al-Azhar Jember. Dari berbagai referensi adanya kecemasan ini
diduga memiliki keterkaitan dengan nantinya dengan pemahaman matematis yang
dimiliki tiap siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika
(Math Anxiety), dan pemahaman matematis siswa kelas VII pada materi Aljabar di
MTs. Al-Azhar Jember. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara kecemasan matematika dengan pemahaman matematis siswa
SMP kelas VII pada materi aljabar di MTs. Al-Azhar Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs. Al-Azhar Jember.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampel jenuh dan didapatkan
60 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan
statistik deskriptif, uji hipotesis menngunakan uji korelasi product moment dan
statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) kecemasan matematika siswa
kelas VII terdapat 1 siswa dengan kategori sangat tinggi (2%), 19 siswa dengan
kategori tinggi (32%), 30 siswa dengan kategori sedang (50%), dan 10 siswa
dengan kategori rendah (16%). 2) Pemahaman matematis siswa kelas VII pada
bab aljabar terdapat 2 siswa dengan kategori sangat tinggi (3%), 3 siswa dengan
kategori tinggi (5%), 11 siswa dengan kategori sedang (18%), 32 siswa dengan
kategori rendah (54%), dan 12 siswa dengan kategori sangat rendah (20%). 3)
Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan
pemahaman matematis siswa kelas VII di MTs. Al-azhar Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Virginia Fitrizenko
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:34
Last Modified: 14 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item View Item