Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic For Application (VBA) pada Microsoft PowerPoint dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga Kelas VII SMPN 2 Wajak Satu Atap Malang

Ahdana, Ana Nuvi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic For Application (VBA) pada Microsoft PowerPoint dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga Kelas VII SMPN 2 Wajak Satu Atap Malang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANA NUVI AHDANA_T20187115.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, VBA pada Microsoft PowerPoint, Segitiga

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Karena pada kenyataannya semua aspek, termasuk bidang pendidikan, didorong oleh dua hal tersebut. Penggunaan media menjadi salah satu penunjang proses pembelajaran. Penggunaan media yang tepat dapat membantu pemahaman siswa mengenai materi yang dipelajari, terutama penggunaan media kreatif yang dapat meningkatkan efisiensi belajar sehingga hasil yang dicapai juga akan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis VBA pada Microsoft PowerPoint, 2) mengembangkan media pembelajaran berbasis VBA pada Microsoft PowerPoint yang valid, 3) mengembangkan media pembelajaran berbasis VBA pada Microsoft PowerPoint yang praktis dan 4) mengembangkan media pembelajaran berbasis VBA pada Microsoft PowerPoint yang efektif.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Pada tahap analysis dilakukan analisis lingkungan belajar, materi pembelajaran, siswa dan kebutuhan. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran beserta instrumen penelitian. Pada tahap development dilakukan pengembangan media pembelajaran dan instrumen penelitian sesuai yang telah direncanakan. Pada tahap implementation dilakukan uji coba produk kepada siswa dan guru matematika. Pada tahap terakhir yakni evaluation dilakukan evaluasi produk berdasarkan tanggapan dan saran yang didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 4,57 dengan kategori “sangat baik/sangat valid”. Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 87,58% dari seluruh aspek dengan kategori “sangat kuat” dan respon guru sebesar 96% dengan kategori “sangat kuat”. keefektifan media dilihat dari persentase ketuntasan posttest siswa secara klasikal sebesar 58,97% dengan kategori “cukup efektif” yang berarti bahwa media pembelajaran VBA pada Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian media pembelajaran VBA pada Microsoft PowerPoint dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Ana Nuvi Ahdana
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:16
Last Modified: 14 Jul 2022 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item View Item