SAFITRI, FIRDA (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA PADA TEMA DESTILASI UNTUK SISWA KELAS VII MTS NURUL ITTIHAD LUMAJANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.
Text
FIRDA SAFITRI T201710025.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Firda Safitri, 2022: Pengembangan Alat Peraga IPA Pada Tema Destilasi Untuk
Siswa Kelas VII MTs Nurul Ittihad Lumajang.
Kata Kunci: Alat Peraga, Destilasi.
Kurikulum 2013 proses pembelajaran IPA harus menyajikan hasil
penyelidikan, pengamatan, percobaan, dan simulasi. Namun pada kenyataanya
dilapangan pembelajaran yang dilakukan belum sesuai dengan tujuan kurikulum
2013. Salah satu bentuk ketidak sesuainya adalah kurang dilakukannya
pembelajaran melalui percobaan hal ini sesuai dengan temuan peneliti di MTs
Nurul Ittihad Lumajang nyatanya adalah pengetahuan siswa di Mts Nurul Ittihad
Lumajang yang sangat. Hal ini meneyababkan siswa kurang memahami materi
destilasi. Permasalahan tersebut dikarenakan pembelajaran yang hanya monoton
menggunakan ceramah, menulis, dan menghafal tidak dibarengi dengan
melakukan percobaan atau praktikum. Proses pembelajaran seperti itu dilakukan
karena kendala biaya untuk pengadan alat praktikum. Maka dari itu berdasarkan
permasalahan tersebut peneliti melakukan pengembangan alat peraga destilasi
demi tercapainya tujuan kurikulum 2013.
Rumusan Penelitian ini adalah: 1) bagaimana validitas Alat Peraga IPA
Pada Tema Destilasi Untuk Siswa Kelas VII MTs Nurul Ittihad Lumajang. 2)
bagaimana hasil uji respon siswa terhadap Alat Peraga IPA Pada Tema Destilasi
Untuk Siswa Kelas VII MTs Nurul Ittihad Lumajang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Validitas alat
peraga IPA terpadu terhadap Pengembangan Alat Peraga IPA Pada Tema
Destilasi Untuk Siswa Kelas VII MTs Nurul Ittihad Lumajang. 2) hasil uji respon
siswa Alat Peragai\ IPA Pada Tema Destilasi Untuk Siswa Kelas VII MTs Nurul
Ittihad Lumajang.
Dalam pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang
dikembangkan oleh Robert Maribe Brach. Model ini begitu sederhana dan
sistematik, sehingga sangat sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang
dikembangkan Model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implement,
dan Evaluate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap
Implementation dikarenakan keterbatasan waktu.
Hasil validasi oleh tiga ahli: ahli materi 90%, validasi ahli media 87%, dan
validasi pengguna 88%. Adapun hasil presentase rata-rata dari ketiganya 88,3%
yang berarti sangat valid. Sedangkan Hasil uji respons siswa skala kecil sebesar
86,66% dan hasil uji respons skala besar sebesar 88,51%. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa media pembelajaran Alat peraga Destilasi sederhana pada
sub materi Destilasi kelas tujuh SMP/MTs dikategorikan sangat menarik. Sesuai
data yang dipaparkan menyatakan pengembangan media pembelajaran Alat
peraga Destilasi sederhana kelas tujuh SMP/MTs sangat valid serta layak untuk
dipakai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030301 Chemical Characterisation of Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Firda Firda safitri Firda safitri |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 09:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 09:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10183 |
Actions (login required)
View Item |