Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2021/2022

Handayani, Ninik (2022) Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Ninik Handayani_T20181150.pdf

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang ada dilapangan
dalam Moderasi Beragama bahwasanya pembelajaran PAI yang berada di SMP
tergolong mata pelajaran wajib di sekolah, namun hal ini tidak menjadi sebuah
problem bagi siswa yang memiliki keyakinan berbeda, dan pihak sekolah
memberikan kebebasan terhadap siswa yang beragama non muslim. Dan dilatar
belakangi pada silabus dan recana pembelajaran PAI yang ada dikelas tersebut
yang pada KD 2.1 dan 4.1 tentang rendah hati dan hidup sederhana.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi
moderasi beragama pada tahap insersi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1
Rogojampi. 2) Bagaimana implementasi moderasi beragama pada tahap
optimalisasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) implementasi moderasi
beragama pada tahap insersi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1
Rogojampi. 2) implementasi moderasi beragama pada tahap optimalisasi dalam
pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi.
Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut peneliti menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Untuk dapat dengan
mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik
purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis Miles, Huberman dan Saldana. dengan langkah berikut: kondensasi data,
Penyajian data dan Menarik kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data
peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1) implementasi moderasi
beragama pada tahap insersi dalam pembelajaran Pertama memberikan materi
yang berhubungan dengan moderasi beragama, dalam pembelajaran PAI guru juga
memberi kebebasan dalam mengikuti proses pembelajaran. Kedua mempelajarai
materi yang berkaitan dengan moderasi beragama seperti dalam QS Al-Isra‟ ayat
26-27 dan QS Al-Furqon ayat 63. Ketiga selalu mencontohkan dalam kerendahan
hati dan hidup sederhama. 2) implementasi moderasi beragama pada tahap
optimalisasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi. Pertama
mengoptimalkan pendekatan-pendekatan terhadap lingkungan sekitar, di dalam
kelas maupun di luar kelas agar dapat menghargai sesama makhluk. Kedua
mengoptimalkan pendekatan di dalam kelas dengan cara pembelajaran yang
menggunakan metode diskusi atau perdebatan (Active Debate) untuk
menumbuhkan cara berfikir kritis, sportif, menghargai pendapat orang lain dan
berani menyampaikan pendapat secara rasional.

moderasi beragama; pembelajaran pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Me Ninik Handayani
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:28
Last Modified: 15 Jul 2022 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item