Peran BMT dalam mendukung perkembangan UMKM: Studi kasus BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota

Afifah, Siti (2022) Peran BMT dalam mendukung perkembangan UMKM: Studi kasus BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Afifah_E20151166.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Afifah, M.F Hidayatullah, S.H.I.,M.S.I 2021: Peran BMT dalam mendukung perkembangan UMKM (Studi Kasus BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota).
BMT berperan sebagai solusi dari aspek permodalan, serta BMT menjadi mitra UMKM dalam mengelola usaha yang baik sehingga dapat mempengaruhi kemajuan pelaku usaha. Kemajuan bagi pelaku UMKM akan mendorong peningkatan kegiatan usaha BMT. Selain mendapatkan pembiayaan, pelaku UMKM dapat menabung di BMT sehingga memiliki perencanaan keuangan yang baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Peran BMT dalam mendukung perkembangan UMKM di Jember Kota? 2) Bagaimana kendala yang dihadapi BMT dalam mendukung perkembangan UMKM di Jember Kota? 3) Bagaimana solusi untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi BMT dalam mendukung perkembangan UMKM di Jember Kota?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran BMT dalam mendukung perkembangan UMKM di Jember Kota, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh BMT dalam mendukung perkembangan UMKM di Jember Kota dan untuk mengetahui solusi dalam menyelesaikan kendala yang dihadap BMT dalam mendukung perkembangan UMKM di Jember Kota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah BMT berperan sebagai penyedia dana, pembinaan dan menjauhkan masyarakat dari ketergantungan pada rentenir. kendala yang dihadapi BMT terdapat dua faktor, yang pertama faktor internal (kurangnya ketersediaan modal yang dimiliki pihak BMT), kedua faktor eksternal (keterlambatan setoran akibat kurang maksimalnya kemampuan mengelola usaha dan persiangan pasar yang ketat membuat nasabah mengalami kerugian). solusi dari kendala yang dihadapi BMT terdapat dua faktor, yang pertama faktor internal (menambah modal dengan menawarkan produk simpanan, mencari nasabah yang mau menabung di BMT), kedua faktor eksternal (pihak BMT mendatangi rumah nasabah yang mengalami keterlambatan setoran dan menanyakan alasannya).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Siti Afifah
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:21
Last Modified: 18 Jul 2022 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10448

Actions (login required)

View Item View Item