Nurjanah, Siti Ayu (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII di MTsN 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text
Siti Ayu Nurjanah.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar
Aktivitas belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Selain itu,model pembelajaran guru yang digunakan untuk mengajar juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matemtika. Kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru juga dapat mempengaruhi pretasi belajar matematika. Dari berbagai faktor yang telah disebutkan, motivasi menjadi salah satu faktor yang berkontribusi cukup bear dalam mempengaruhi prestasi belajar matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Jember?, 2) bagaimana prestasi belajar di MTsN 1 Jember?, serta 3) adakah pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar di MTsN 1 Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Jember, 2) mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Jember, serta 3) untuk mengetahui pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan di MTsN 1 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII kategori reguler yang berjumlah 160 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin didapat 64 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. 1). Hasil pengisian angket motivasi Belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022 dari 64 sampel yang diambil oleh peneliti dalam dua kelas, terdapat 33 siswa dengan kategori sangat tinggi (51,56%), 29 siswa dengan kategori tinggi (45,31%), dan 2 siswa dengan kategori sedang (16,66%). 2). Dokumen prestasi belajar yang berupa nilai ujian tengah semester ganjil mata pelajaran matematika siswa kelas VII di MTs N 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022 menunjukkan bahwa nilai siswa sudah dapat dikatakan baik yakni dengan 32 siswa dengan kategori sangat tinggi (46,68%), 28 siswa dengan kategori sangat tinggi (45,21%), dan 4 siswa dengan kategori sedang (8,11%). 3). Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 79.707 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,00 pada α = 0,05 menunjukkan bahwa persamaan regresi diterima dan dari hasil uji statistik t diperoleh thitung sebesar 8,928 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002, dengan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, hal ini dapat diartikan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap naik turunnya prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | ayu siti ayu nurjanah |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 07:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 07:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10530 |
Actions (login required)
View Item |