Hamdan, Wahidi (2022) STRATEGI PROGRAM TAPLAK (BERITA KOPLAK) DI STASIUN TELEVISI LOKAL JEMBER 1 TV DALAM UPAYA MENARIK MINAT KHALAYAK UMUM DI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
SKRIPSI HAMDAN WAHIDI _D20181073.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hamdan Wahidi, 2022: Strategi Program Taplak (Berita Koplak) Di Stasiun Televisi Lokal Jember 1 TV Dalam Upaya Menarik Minat Khalayak Umum Di Jember
Kata Kunci: Strategi Program, Berita, Televisi Lokal, dan Minat Khalayak
Stasiun televisi lokal Jember 1 TV melakukan strategi program pada program Taplak agar dapat menarik minat khalayak di Jember. Meskipun Gempuran acara televisi nasional yang negatif harus di sikapi oleh pihak stasiun televisi lokal Jember 1 TV. Pada posisi tersebut, televisi lokal Jember 1 TV punya peluang untuk membawa nilai-nilai budaya daerah agar minat khalayak tetap konsisten dalam menonton tayangan program yang berada di Jember 1 TV. Tentunya dengan adanya strategi program, stasiun televisi lokal Jember 1 TV di tuntut untuk menghadirkan program yang menarik bahkan meningkatkan jumlah khalayak atau pemirsa. Stasiun televisi lokal Jember 1 TV harus merencanakan dan menerapkan strategi yang baik agar mampu menarik minat khalayak di Jember, karena jumlah penonton juga menjadi salah satu penentu bagi masa depan perusahaan stasiun televisi lokal Jember 1 TV.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi program Taplak (Berita Koplak) di stasiun televisi lokal Jember 1 TV dalam upaya menarik minat khalayak umum di Jember? 2) Bagaimana respon minat khalayak umum di Jember terhadap program Taplak?
Adapun tujuan dari dilakukan peneliti adalah 1) Untuk mengetahui strategi program taplak (Berita Koplak) di stasiun televisi lokal Jember 1 TV dalam upaya menarik minat khalayak umum di Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana minat respon khalayak umum di Jember terhadap program Tapak
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara langsung, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber dalam menguji keabsahan data yang diperoleh.
Adapun hasil penelitian ini adalah dalam penyusunan strategi program pada program Taplak di stasiun televisi lokal Jember 1 TV untuk menarik minat khalayak di Jember, stasiun televisi lokal Jember 1 TV benar-benar memperhatikan segala unsur perencanaan program, produksi program, eksekusi program, dan evaluasi program. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Morissan. Beberapa hal yang juga dilakukan oleh stasiun televisi lokal Jember 1 TV sebelum menerapkan strategi Program diantaranya mengonsep program, menentukan gaya penyampaian berita, dan menentukan jam tayang. Pada hasil penelitian ini di peroleh dua kesimpulan 1) Startegi program Taplak di stasiun televisi lokal Jember 1 TV menggunakan empat tahap yaitu perencanaan program, produksi program, eksekusi program, dan evaluasi program. 2) Minat khalayak terhadap program Taplak di pengaruhi Oleh: Berita yang dikemas dengan penyampaian berita dari Presenter menggunakan bahasa Jawa atau menggunakan bahasa pandhalungan dan penyampaiannya setiap berita selalu berbentuk guyonan namun beritanya tetap akurat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | S.Sos Hamdan Wahidi |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10795 |
Actions (login required)
View Item |