HAMIDAH, NUR (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RAUDLATUL ATHFAL DARUS SALAM PRINGGOWIRAWAN SUMBER BARU JEMBER. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.
Text
NUR HAMIDAH NIM_T20165060.pdf Download (27MB) |
Abstract
Keterampilan menyimak berarti pula membantu meningkatkan kualitas
bebicara anak. Kemampuan menyimak dan berbicara perlu ditunjang dengan
media yang menarik, karena media pembelajaran merupakan salah satu yang di
harapakan efektif menanggulangi kelemahan persoalan pembelajaran yang masih
bersifat konfensional. Salah satu media yang efektif untuk anak usia dini yaitu
media boneka. Media boneka dapat mengembangkan komunikasi, sehingga dapat
mengaktifkan kognitif dan panca indera.
Fokus penelitian dalam karya ini adalah: 1) Bagaimana upaya untuk
meningkatkan kemampuan guru bercerita melalui media boneka tangan pada anak
kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember?. 2)
Bagaimana penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan
bercerita pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber
Baru Jember?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan
upaya meningkatkan kemampuan bercerita melalui media boneka tangan pada
anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember. 2)
Untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan
kemampuan bercerita pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan
Sumber Baru Jember.
Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis deskriptif kualitatif, lokasi di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber baru
Jember, penentuan subyek menggunakan teknik praktek langsung, metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Upaya untuk meningkatkan
kemampuan guru bercerita melalui media boneka tangan pada anak kelompok B
gencar di laksanakan oleh Guru RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru
Jember melalui himbauan dari kepala sekolah, dengan mengikuti pelatihanpelatihan,
dan bertukar pikiran sesama guru. 2) Penggunaan media boneka tangan
dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di RA Darus
salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember di laksanakan maksimal lima sampai
delapan kali pertemuan, jadi tidak setiap satu kompetensi dasar selesai diajarkan
diadakan bercerita melalui boneka tangan, tetapi bisa dua atau tiga kompetensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Bhakti Priawan |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 02:37 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 02:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
View Item |