Yuniar, Vera (2020) MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERCERITA PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK SINAR NYATA III PERUM GRIYA MANGLI JEMBER. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.
Text
Vera Yuniar_T20165014.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar anak memiliki sikap toleransi dalam aspek
social Agama. Dengan mempunyai bekal sikap toleransi kepada teman sebayanya.,
anak dapat bersikap menghormati, menyayangi, menghargai kepada teman
sebayanya dalam hal agama, budaya, pekerjaan orang tua. 1. Penelitian ini terdiri
dari dua fokus 1. Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran bercerita pada
kelompok A di Taman Kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember?
2. Bagaimana pengembangan sikap toleransi bercerita dalam anak usia dini pada
kelompok A di Taman Kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan metode
pembelajaran bercerita pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Sinar Nyata III
Perum Griya Mangli Jember. 2. Untuk mengetahui pengembangan sikap toleransi
bercerita dalam anak usia dini pada kelompok A di Taman Kanak – Kanak Sinar
Nyata III Perum Griya Mangli Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di
Taman kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember, jenis penelitian
kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi partisipan,
wawancara semistruktur, dokumentasi. Sedangkan metode analisis data
menggunakan model Miles Huberman yaitu dengan pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, penarikan data. Adapun uji validitas data
menggunakan triangulasi smber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari fokus penelitian ini di sekolah
Taman kanak-kanak Sinar Nyata III setelah setelah di adakannya penelitian
tentang pembelajaran bercerita dan disertai beberapa langkah untuk
mengembangkan sikap toleransi mengalami beberapa pengembangan dalam
bersikap toleransi diantaraya yaitu sekolah mengalami pengembangan yang
awalnya terdapat anak kurang dalam bersikap toleransi misalnya kurang
menghargai pendapat orang lain, kurang menghormati orang lain, dan masih
menganggu teman yang sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
hingga anak mampu untuk bersikap menghargai pendapat teman, tidak
menganggu teman yang belum selesai mengerjakan tugas yang telah diberikan
oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Bhakti Priawan |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 03:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 03:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1091 |
Actions (login required)
View Item |