Afton Hilmy, M. Naufal (2022) PERAN IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPNU-IPPNU) DALAM KEGIATAN GERAKAN TAMAN LITERASI UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT TANGGUL DI MASA PANDEMI TAHUN 2021. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
NAUFAL WaterMark.pdf Download (2MB) |
Abstract
M. Naufal Afton Hilmy, 2021: “Peran Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama- Ikatan Pelajar
Putri Nahdlatul Ulama (Ipnu-Ippnu) Dalam Kegiatan Gerakan Taman Literasi Untuk
Menumbuhkan Budaya Literasi Masyarakat Tanggul Di Masa Pandemi”
Kata Kunci : Peran Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama- Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul
Ulama (Ipnu-Ippnu), Taman Literasi, Budaya literasi
Keberadaan gerakan taman literasi ini bisa dijadikan opsi sebagai sarana untuk
meningkatkan kegiatan literasi, seperti membaca dan belajar bersama. Pada masa
pandemic covid 19 sekolah di lakukan secara daring dan itu akan membuat anak malas
dalam membaca dan belajar, melalui PAC (Pimpinan Anak Cabang) IPNU-IPPNU
(Ikatan pelajar putra nahdlatul ulama dan ikatan pelajar putri nahdlatul ulama) telah
menyediakan taman baca masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca terhadap
masyarakat terutama anak anak, yang terletak di Alun-alun Tanggul Kabupaten Jember.
Dengan adanya taman baca akan sangat membantu masyarakat dalam dunia pendidikan
untuk berliterasi.
Fokus Penelitian dari skripsi ini adalah 1.Bagaimana peran PAC IPNU-IPPNU
dalam kegiatan taman literasi untuk menumbuhkan budaya literasi baca tulis pada
masyarakat di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 2.Bagaimana peran PAC IPNUIPPNU dalam kegiatan gerakan taman literasi untuk menumbuhkan literasi sains pada
masyarakat di kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 3.Bagaimana peran PAC IPNUIPPNU dalam kegiatan gerakan taman literasi untuk menumbuhkan literasi digital pada
masyarakat di kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi
Kasus. Lokasi penelitian ini di Alun-alun Tanggul. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yang
meliputi Kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan
kesimpulan (conclussions drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian ini adalah 1. Peran PAC IPNU-IPPNU Tanggul memfasilitasi
masyarakat sekitar dengan buku-buku yang terkumpulkan dari hasil donasi yang
bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat tanggul 2. Peran PAC IPNUIPPNU Pada event kemerdekaan PAC IPNU-IPPNU Tanggul memberikan pertanyaanpertanyaan seputar tokoh-tokoh dan kebudayaan kepada masyarakat khususnya anakanak di seketar alun-alun tanggul. PAC IPNU-IPPNU memberikan reward bagi yang
bisa menjawab pertanyaan. Mayoritas anak-anak banyak yang masih kesulitan dalam
menjawab dan itu menjadi sebuah pengetahuan baru untuk semua pengunjung taman
baca tanggul. 3. Peran PAC IPNU-IPPNU Tanggul menggunakan literasi digital seperti
instagram untuk memudahkan masyarakat khususnya kecamatan tanggul dalam hal
jadwal kegiatan dan peminjaman buku di taman baca tanggul, serta menginformasikan
kegiatan disetiap minggunya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Naufal Afton Hilmy |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:56 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10913 |
Actions (login required)
View Item |