PENGARUH KEANGGOTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2019/2020

Maftukhatushofiah, Siti (2020) PENGARUH KEANGGOTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.

[img] Text
Siti Maftukhatushofiah_T20167030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar penting untuk menambah
waktu di luar jam sekolah serta untuk menunjang keberhasilan siswa dalam
bidang akademik, khususnya dalam bidang matematika yang masih banyak
menganggapnya sulit. Kesibukan orang tua bekerja, juga mendorong orang tua
untuk meminta bantuan pihak lain dalam membantu proses pendidikan anakanaknya.
Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti untuk mengetahui pengaruh
keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika siswa kelas X SMA
Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana hasil belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 3)
Apakah ada pengaruh keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika
terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran
2019/2020?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana
keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika siswa kelas X SMA
Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana
hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran
2019/2020. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan
keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika terhadap hasil belajar
siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian expost
facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember. Dalam
pengambilan sampel yang digunakan teknik probability sampling jenis cluster
random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X
IPA 3. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) dari 97 sampel, 64 siswa
termasuk anggota dalam bimbingan belajar matematika, dan 33 siswa lainnya
bukan anggota bimbingan belajar matematika; 2) tidak ada siswa yang memiliki
hasil belajar dengan kategori sedang, rendah dan sangat rendah, 90,72% hasil
belajar siswa dengan kategori sangat tinggi, dan 9,28% hasil belajar siswa dengan
kategori tinggi; 3) ada pengaruh yang signifikan keanggotaan siswa dalam
ix
bimbingan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4
Jember tahun ajaran 2019/2020 sebesar 4,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:42
Last Modified: 19 Nov 2020 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item