MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-HASAN PANTI JEMBER

Madani, Daviq (2022) MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-HASAN PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH achamd siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DAVIQ WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Daviq Madani, 2022, Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling dalam
Membina Akhlak Siswa di SMK Al-Hasan Panti Jember.
Kata Kunci: Manajemen, Bimbingan Konseling, Pembinaan dan Akhlak.
Manajemen Bimbingan Konseling merupakan Kebutuhan Mutlak Bagi
Siswa/Siwi, yang harus di penuhi sepanjang hayat. Pendidikan bimbingan ini
dapat di artikan sebagai proses dengan menggunakan metode tertentu sehingga
seseorang akan mendapatkan pengetahuan. Kemudian bimbingan akhlak sama
dengan berbicara tentang tujuan pendidikan, karena banyak sekali di jumpai
pendapat para ahli yang mwngatakan bahwa pendidikan budi pekerti dan akhlak
adalah jiwa dan tujuan pendidikan islam.
Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana
perencanaan bimbingan konseling dalam membina akhlak siswa di SMK Al-
Hasan panti jember? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam
membina akhlak siswa di SMK Al-Hasan panti jember? (3) Bagaimana evaluasi
bimbingan konseling dalam membina akhlak siswa di SMK Al-Hasan panti
jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan bimbingan
konseling, 2) mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan konseling dan 3)
mendeskripsikan evaluasi bimbingan konseling dalam membina akhlak siswa
melalui manajemen bimbingan konseling di smk al-hasan panti jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian
yang di gunakan adalah: Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan documenter. Teknik analisis data menggunakan reduksi data.
Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Miles dan humberman Yang terdiri dari analisis data.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Bimbingan konseling di sekolah ini
menggunakan unsur pendukung guna meningkatkan ahlak siswa yakni,
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. (2) Model tinjauan
pembinaan akhlak siswa yang di terapkan di sekolah guna meningkatkan ahlak
siswa yakni, adanya metode uswah, metode ta‟widyah, metode qisah, dengan
penerapan seperti itu maka sekolah akan lebih sempurna guna menjalankan
program pembinaan akhlak siswa ini. (3) evaluasi yang dilakukan bersifat
preventif maupun bersifat kuratif berjalan baik dengan hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Daviq Madani Daviq
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:51
Last Modified: 19 Jul 2022 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item