STRATEGI PELAKSANAAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI PESANTREN NURANIYAH DESA NOGOSAREN KECAMATAN GADING KABUPATEN PROBOLINGGO

MAHBUBAH, MUSYARRAFATUL (2022) STRATEGI PELAKSANAAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI PESANTREN NURANIYAH DESA NOGOSAREN KECAMATAN GADING KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Musyarrafatul Mahbubah Pdf (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Musyarrafatul mahbubah, 2022: Strategi Pelaksanaan Fungsi Public Relation
Dalam Membangun Citra Positif di Pesantren Nuraniyah Desa Nogosaren
Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai strategi Public Relation
pesantren, yang mana Public Relation pesantren adalah suatu bagian yang di
dalamnya melaksanakan kegiatan hubungan komunikasi, baik komunikasi secara
internal maupun eksternal. Dimana hal tersebut ditujukan untuk terjalinnya
hubungan yang harmonis dan menimbulkan opini public yang menguntungkan
bagi kelangsungan hidup yayasan pesantren nuraniyah. Dalam hal ini Public
Relation pesantren Nuraniyah melalui kegiatan-kegiatan atau agenda-agenda
seperti pengajian rutinan, safari maulid, perayaan muharram (pawai), haflatul
imtihan, pramuka, drumband dan lain-lain. Kegiatan ini menjadi ujung tombak
Public Relation pesantren untuk mensosialisasikan dan mempublicasikan
pesantren.
Berangkat dari fenomena tersebut, peneliti memiliki inisiatif untuk
melakukan penelitian menegenai strategi Public Relation pesantren dalam
mengembangkan citra positif yayasan Nuraniyah. Fokus penelitian dalam skripsi
ini adalah: 1) bagaimana strategi Public Relation pesantren di Desa Nogosaren
dalam membangun citra ?. 2) Apa hambatan yang dihadapi Public Relation
pesantren Di Desa Nogosaren dalam membangun citra ?.
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan strategi Public Relation
pesantren di Desa Nogosaren dalam membangun citra. 2) Mendeskripsikan
hambatan yang dihadapi Public Relation pesantren di Dea Nogosaren dalam
membangun citra. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan sebagai
upaya untuk memperoleh data yang valid maka ditentukan secara purposive.
Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan,
wawancara dan dokumentasi. Oleh karena itu untuk keabsahan data disini
menggunakan triangulasi sumber yang kemudian dengan cara mereduksi data,
penyajian data dan analisis, serta penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) strategi Public Relation
pesantren dalam mengembangkan citra positif yayasan nuraniyah berjalan dengan
proses beberapa tahapan strategi dan upaya, seperti halnya melakukan strategi
publicasi, acara, citra purasahaan, berita dan hubungan dengan khalayak. Hingga
menciptakan agenda atau acara-acara yang di rasa perlu untuk menarik minat
masyarakat sekitar dan lebih luas lagi. 2) hambatan yang dihadapi pesantren
dalam mengembangkan citra yaitu Minimnya tenaga ahli yang terdapat pada
lembaga atau yayasan pesantren nuraniyah, keterbatasan aggaran pesantren
nuraniyah untuk melakukan sosialisasi dan publicasi dan keterbatasan akses
informasi berbasis teknologi oleh sebagian masyarakat nogosaren.
Kata Kunci : Public Relation, Pesantren, Citra, Kualitatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Musyarrafatul Mahbubah
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:39
Last Modified: 20 Jul 2022 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item