Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Santri Enterpreneur.

Moh. Khafidullah, - (2021) Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Santri Enterpreneur. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
MOH KHAFIDHULLO_E20172088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh. Khafidullah, Hj. Nurul Setianingrum, SE., MM, 2021: Strategi Pondok Pesantren Sunan Drajat Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Santri Enterpreneur. Kata Kunci: Enterpreneur, Strategi Ditengah pandemi covid-19 yang sudah masuk ke Negara Indonesia dari awal tahun 2020 hingga sekarang ini, berimbas pada berbagai wilayah Indonesia yang mengalami banyak kesulitan salah satunya dialami oleh para pengusaha dan penjual dalam hal berbisnis maupun menjual produk mereka. Banyak para pengusaha yang mengalami kebangkrutan, namun tidak sedikit pula yang justru bisa menambah pundi-pundi uang ditengah wabah covid-19 ini.Hal tersebut juga dirasakan oleh sektor usaha Pondok Pesantren Sunan Drajat yang tetap bisa mengalami kenaikan pemroduksian produk dan juga penjualan produk.Salah satu kunci keberhasilan yang dimiliki Pondok Pesantren Sunan Drajat yakni dengan menanamkan jiwa entrepreneur dalam diri mereka. Fokus Penelitian ini yakni: (1).Bagaimana strategi pesantren dalam meningkatkan pemberdayaan santri entrepreneur di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan?(2).Bagaimana model perekrutan dan jam kerja tenaga kerja yang ada di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan?(3).Apa saja faktor pendukung dan meningkatkan pemberdayaan santri entrepreneur di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan?. Adapun tujuan penelitian iniyakni untuk mengetahui (1) Strategi pesantren dalam meningkatkan pemberdayaan santri entrepreneur di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan(2) model perekrutan dan jam kerja tenaga kerja yang ada di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan (3) faktor pendukung dan meningkatkan pemberdayaan santri entrepreneur di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Penelitian ini bersifat studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Narasumber dalam penelitian ini adalah karyawan di pabrik garam dan pabrik aidrat, salah satu unit usaha milik Pondok Pesantren Sunan Drajat.Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu: (1) Produktivitas tenaga kerja pada unit usaha dilakukan dengan cara pelatihan tenaga kerja dan seminar entrepreneur. Adapun strategi yang diterapkan PP Sunan Drajat Lamongan dalam peningkatan penjualan produk yakni a) menggunakan PT Radio Persada dan TV PP Sunan Drajat dalam memasarkan produk, serta memanfaatkan aplikasi di media sosial seperti whatsapp, facebook, lazada, dan lain-lain, b) melalui ikatan alumni dari Pondok Pesantren Sunan Drajat, c) melalui pasar tradisional dan stand pameran Pondok Pesantren Sunan Drajat. (2) Model perekrutan memberikan peluang kepada semua santri dan juga masyarakat sekitar. (3) Faktor pndukungnya yakni: a) adanya pelatihan-pelatihan khusus, b) Workshop / seminar, c) Pengadaan jurusan atau mata pelajaran di Lembaga Pondok Pesantren Sunan Drajat, d) Pameran produk. Sedangkan ada 2 faktor penghambatnya antara lain: a) Padatnya jadwal kegiatan santri, b) Masih belum meningkatnya kualitas SDM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:59
Last Modified: 20 Jul 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item