Manajemen Pembelajaran Online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Ines Shafa Berliana, - (2021) Manajemen Pembelajaran Online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
INES SHAFA BERLIANA_T20173090.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ines Shafa Berliana, 2021:Manajemen Pembelajaran Online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 Kata Kunci :Manajemen Pembelajaran Online Manajemen pembelajaran online adalah pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media internet dengan aksebilitas, fleksibilitas, konektivitas dan kemampuan dalam mengemukakan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Yang berperan mengelola pembelajaran tersebut adalah guru itu sendiri. Untuk itu seorang guru di dalam kelas memiliki peran sebagai manajer yang dapat mengendalikan dan mengarahkan lingkungannya agar berjalan seperti tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prencanaan pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun pelajaran 2021/2022. 2) Bagaimana pengorganisasian pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun pelajaran 2021/2022. 3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun pelajaran 2021/2022. 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengorganisasian pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 4) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kualitatif diskriftif. Metode pengumpulan data : Observasi, Interview, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan Miles end Huberman, 1) Responden data, 2) Penyajian data, 3)Penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi sumber, teknik dan waktu. Penelitian ini memperoleh kesimpulan Manajemen Pembelajaran Online di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, yaitu 1) Perencanaan, di dalam perencanaan pembelajaran online yaitu adanya RPP daring dan silabus yang berbentuk hard copy, kemudian membuat jadwal kegiatan, menyiapkan strategi apa saja yang diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran online. 2) Pengorganisasian pembelajaran online bisa berbentuk wapshat, sehingga proses pelaksanaan pembelajaran online dapat berjalan lancar melalui aplikasi tersebut. 3) Pelaksanaan pembelajaran online selama pandemi ini disesuaikan dengan jadwal covid yang telah dibuat, dimana setiap pelajaran itu 30 menit. Menerapkan metode ceramah dan diskusi. Menyediakan power point serta rangkuman materi secara online. 4) Evaluasi, salah satu yang mendasar dalam melakukan evaluasi pembelajaran online yaitu paketan, dan juga evaluasi terhadap hasil belajar, evaluasi terhadap program pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:56
Last Modified: 20 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item