Rosyadi, Muhamd Imron (2022) Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas Plus Bustanul Ulum Puger. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
MUHAMMAD IMRON ROSYADI_T20151249.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Imron Rosyadi, 2022: Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Plus Bustanul Ulum Puger.
Berbagai kajian dan pengalaman menunjukkan bahwa pendidikan memberi manfaat yang luas bagi kehidupan suatu bangsa. Pendidikan mampu melahirkan masyarakat terpelajar dan berakhlak mulia yang menjadi pilar utama dalam membangun masyarakat sejahtera. Pendidikan juga meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga mampu hidup harmoni dan toleran dalam kemajemukan, sekaligus mempekuat kohesi sosial dan memantapkan wawasan kebangsaan untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis.
Pendidikan bertujuan tidak sekedar proses budaya atau ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi juga sekaligus sebagai proses nilai (transfer of value). Artinya bahwa pendidikan, di samping proses pertalian dan transmisi pengetahuan, juga berkenaan dengan proses perkembangan dan pembentukan kepribadian atau karakter masyarakat
Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek religius di SMA plus Bustanul Ulum Puger ? 2) Bagaimana implementasi penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek Nasionalis di SMA plus Bustanul Ulum Puger ? 3) Bagaimana implementasi penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek mandiri di SMA plus Bustanul Ulum Puger ? 4) Bagaimana implementasi penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek gotong royong di SMA plus Bustanul Ulum Puger ? 5) Bagaimana implementasi penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek integritas di SMA plus Bustanul Ulum Puger ?
Metode penelitian melibatkan beberapa komponen diantaranya pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian berada di lingkungan di SMA plus Bustanul Ulum Puger Jember, sedangkan sumber data yang ingin diperoleh dari pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya mengunakan analisis data model interaksi Miles dan Hubermen dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: nilai religius ditunjukkan dalam sikap cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan. Nilai nasionalis ditunjukkan melalui kegiatan upacara bedera, kegiatan ekstrakulikuler pramuka dan ekstrakulikuler paskibra. Nilai mandiri ditunjukkan melalui sikap yang mandiri dan memiliki etos kerja yang baik. Nilai gotong royong ditunjukkan melalui sikap menghargai sesama, dapat bekerja sama. Nilai integritas yaitu nilai tanggung jawab dan mampu bertanggung jawab jika melakukan kesalahan-kesalahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Imron Rosyadi |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11209 |
Actions (login required)
View Item |