Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberjambe Jember

Sa`adah, Arini Holidatus (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberjambe Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARINI HOLIDATUS SA'ADAH_084141245.pdf

Download (8MB)

Abstract

Arini Holidatus Sa’adah, 2021: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberjambe Jember.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Akhlakul Karimah, Siswa SMP
Akhlak merupakan sifat yang tumbuh dan menyatu di dalam diri
seseorang. Dari sifat yang ada itulah terpancar sikap dan tingkah laku perbuatan seseorang, seperti sifat sabar, kasih sayang, berbuat baik, tolong menolong atau malah sebaliknya, pemarah, benci, dendam, iri dan dengki, sehingga memutuskan hubungan silaturahmi. Pembinaan akhlak oleh pendidik adalah solusi
permasalahan-permasalahan akhlak yang sedang melanda generasi remaja saat ini. Pembinaan yang harus dilakukan salah satunya adalah dengan menjalankan kebijakan pemerintah untuk membangun pendidikan yang berkarakter, yang sesuai dengan tujuan pemerintah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam
penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sumberjambe Jember? 2) Bagaiamana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Sumberjambe Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan
akhlak siswa di SMP Negeri 1 Sumberjambe Jember. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di Negeri 1 Sumberjambe Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa akhlak siswa SMP Negeri 1
Sumberjambe Jember masih dalam batas wajar, kenakalannya bisa dikatakan sama dengan siswa sekolah SMP lainnya sehingga dalam penanganannyapun bisa diatasi dengan baik karena selalu diawasi dan didampingi para guru sedangkan pembinaan akhlakul karimah pada siswa SMP Negeri 1 Sumberjambe oleh guru kelas yang sekaligus sebagai guru pendidikan agama Islam adalah dengan
menggunakan strategi keteladanan, pendampingan, pengawasan, pembiasaan dan hukuman/anjuran dengan baik yang dilakukan di lingkungan sekolah maupun saat kegiatan di luar sekolah.�

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arini Holidatus Sa'adah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:22
Last Modified: 10 Aug 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item