Asmalus Fadilah, - (2021) Penerapan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan Program StudiPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
ASMALUS FADILAH_T20174039.pdf Download (5MB) |
Abstract
Asmalus Fadilah,2021: Penerapan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Metode picture and picture, hasil belajar siswa. Pembelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang bertujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan, penghayatan, dan keyakinan yang benar terhadap hal-hal yang harus di imani oleh orang islam, sehingga pada kehidupan sehari-hari peserta didik bersikap dan bertingkah laku berdasar Al-Qur’an dan hadits. Pemilihan metode pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi guru untuk bisa menkondisikan proses pembelajaran di dalam kelas, pemilihan metode picture and picture menjadi salah satu strategi pembelajaran aktif yang bisa merangsang siswa untuk lebih tertarik aktif dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Perencanaan penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas II MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember, 2). Bagaiamana Pelaksanaan penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas II MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember, 3). Bagaimana Hasil penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas II MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). Mengetahui perencanaan penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas II MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari jember, 2). Mengetahui pelaksanaan penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas II MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember, 3). Mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas II MI Nurul Kaunaini Curahkalong Bangsalsari Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Perencanaan metode picture and picture yang dilakukan pada MI Nurul Kaunaini yaitu dimulai dengan menetapkan kompetensi inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan tujuan pembelajaran, serta menyusun RPP sesuai silabus yang ada, 2) Pelaksanaan penerapan metode picture and picture pada siswa kelas II MI Nurul Kaunaini terdiri 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, 3). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari mulai pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil belajar pre test siswa pada tahap pra tindakan adalah 56,3. Kemudian pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 74,1 dan kemudian meningkat lagi menjadi 81,1 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:41 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11259 |
Actions (login required)
View Item |