Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online pada kelas X Di SMAN 3 Jember Tahun Ajaran 2020-2021.

Lailatus Syarifah, - (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online pada kelas X Di SMAN 3 Jember Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
LAILATUS SYARIFAH_T20171243.pdf

Download (18MB)

Abstract

Lailatus Syarifah, 2021: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online pada kelas X Di SMAN 3 Jember Tahun Ajaran 2020-2021. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, online Pembelajaran Pendidikan agama Islam dijabarkan menjadi empat mata pelajaran yakni Aqidah akhlak, Al-quran Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Sedangkan di sekolah pembelajaran agama Islam hanya dijabarkan dalam satu mata pelajaran yang bernama pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1. Bagaimanakah perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis online pada kelas X di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 2. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis online pada kelas X di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 3. Bagaimanakah evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis online pada kelas X di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis online pada kelas X di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 2. Mendeskripsikan Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis online pada kelas X di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 3. Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis online pada kelas X di SMAN 3 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) Lokasi penelitian ini di SMAN 3 Jember. Penentuan informan menggunakan Proposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi Kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Penyusunan perencanaan pembelajaran yaitu dengan menganalisis kalender pendidikan untuk mengetahui pecan efektif dan menyusun alokasi waktu di setiap kompetensi dasar. Perangkat pembelajaran yang dibuat berupa prota, promes, silabus dan RPP.2. Prosedur pelaksanaan pembelajaran online meliputi 3 bagian: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi daftar hadir yang di upload google classroom, guru memberikan peserta didik untuk mengisi daftar hadir yang kemudian bisa dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu belajar mengajar. Metode yang digunakan: Metode ceramah, Metode Tanya jawab dan Metode penugasan/resitasi. Kemudian di penutup guru memberikan tugas 3. Evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah tes tertulis. bentuk soal yang digunakan oleh guru yaitu pilihan ganda dan uraian. Penilaian yang dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik menggunakan penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:42
Last Modified: 21 Jul 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item