Siti Puji Lestari, - (2021) Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Siti Puji Lestari_T20178057.pdf Download (14MB) |
Abstract
Siti Puji Lestari, 2021. Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesiapan belajar siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran sehingga ketika pembelajaran berlangsung siswa dapat mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini dilihat dari faktor kognitif. Ada salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar dan hasil belajar biologi siswa yaitu kesiapan belajar. Kesiapan belajar adalah kesediaan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar terlebih dahulu dirumah sebelum melaksanakan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kesiapan belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember, 2) Mendeskripsikan keaktifan belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember, 3) Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember, 4) Mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember, 5) Mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMA Negeri Ambulu Jember. Populasi meliputi seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah 241 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang didapat 150 siswa terdiri dari XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 5, XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 dengan teknik menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan belajar biologi siswa kelas XI MIPA dengan kategori sangat tinggi 8%, kategori tinggi 82,67% dan kategori sedang 9,33%. 2) Keaktifan belajar biologi siswa kelas XI MIPA dengan kategori sangat tinggi 16,67%, kategori tinggi 76% dan kategori sedang 7,33%. 3) Hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA dengan kategori sangat tinggi 96,67% dan kategori tinggi 3,33%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap keaktifan belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember berdasarkan hasil thitung = 17,692 > ttabel = 1,976 (p = 0,000 < 0,05). 5) Terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember berdasarkan hasil thitung = 10,425 > ttabel = 1,976 (p = 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11368 |
Actions (login required)
View Item |