WARDANIYAH, IZZETUL (2022) MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI GERAK SENAM PINGUIN DAN LAGU SENAM PINGUIN DI RAUDLATUL ATHFAL WALISONGO DESA SEPUTIH KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
IZZETUL WARDANIYAH_T20155008.pdf Download (3MB) |
Abstract
Izzetul Wardaniyah, 2019 ; Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Gerak Senam pinguin Dan Lagu Di Raudlatul Athfal Walisongo Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember
Kecerdasan kinestetik anak akan meningkat saling berinteraksi. Cara untuk meningkatkannya adalah dengan pembelajaran gerak dan lagu dengan senam pinguin. Pembelajaran gerak dan lagu dapat mmempengaruhi kecerdasan pada aspek kognitif, bahasa, emosional, seni dan fisik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam pinguin di RA Walisongo Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap anak B2 RA Walisongo yang terdiri dari 16 anak yaitu 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diakukan adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diteliti di RA Walisongo Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, penulis dapat mengambil kesimpulan dari keseluruhan pembahasan ini bahwa meningkatnya kecerdasan kinestetik anak melalui gerak dan lagu melalui kegiatan senam pinguin sudah “Berkembang Sangat Baik”.Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa gerak dan lagu melalui kegiatan senam pinguin bisa meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Adapun pelaksanaan penerapan strategi gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di RA Walisongo Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, dengan menggunakan sebelas langkah, di mana langkah pertama adalah memperhatikan kondisi fisikologis anak dan langkah terakhir langkah kesebelas adalah jika menginaginkan sebuah pementasan maka pilihlah busana yang mendukung tema tarian atau gerak lagu dengan catatan busana tidak mengganggu gerak pada anak, dari sebelas langkah tersebut ternyata gerak dan lagu bisa mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui gerakan tubuh seperti dengan cara membungkukkan badan dengan sambil memutarkan badan, keseimbangan tubuh dengan mengangkat satu kaki, menggerakan tangan kanan dan tangan kiri melalui senam pinguin, karena senam pinguin termasuk irama dan gerakannya yang lucu membuat anak sangat antusias dalam bergerak melalui
senam pinguin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mis Izzetul Wardaniyah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 01:05 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 01:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11422 |
Actions (login required)
View Item |