Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA An-Nur Rambipuji Jember

Hanifah, Siti (2022) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA An-Nur Rambipuji Jember. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI HANIFAH_0849119002.pdf

Download (29MB)

Abstract

Kata Kunci : Perencanaan, Pengadaan, Pemeliharaan, Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasrana adalah suatu hal yang sangat penting guna menunjang proses belajar mengajar, MA An-nur Rambipuji Jember ini merupakan salah satu madrasah yang kurang memenuhi sarana dan prasaran yang standar. Penggunaan sarana dan prasarana saat proses pembelajaran juga kurang memadai, sehingga guru membuat alternatif lain dengan memakai metode dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaiamana perencanan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MA. An-Nur Rambipuji Jember? 2). Bagaimana pengadaan sarana dan dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MA. An-Nur Rambipuji Jember? 3) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MA. An-Nur Rambipuji Jember?
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1). Perencanan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MA. An-Nur Rambipuji Jember; 2). Pengadaan sarana dan dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MA. An-Nur Rambipuji Jember; 3) Pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MA. An-Nur Rambipuji Jember.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Tehnik penentuan subyek dengan purposive, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji ke absahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles Huberman yaitu (1) pengunpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan (1) Perecanaan sarpras di MA.An-Nur dengan a) musyawarah bersama dewan guru; b) Membentuk panitia sarpras; c) Disesuaikan dengan anggaran sekolah; d) mendahulukan skala prioritas dengan menambahi kebutuhan sarpras yang belum tersedia. (2) Pengadaan sarpras di MA. An-Nur dengan a) menyesuaikan kebutuhan dan anggaran madrasah; b) Disesuaikan kategorinya dengan analisis yang matang; c) Tata pengadaan sarpras dengan membeli, hibah, mempebaiki; d) Selalu dicatat sesuai kondisinya dan koordinasi; e) Dilakukan seleksi sarpras. (3) Pemeliharaan sarana dan prasarana di MA.An-Nur dilakukan dengan a) membenahi sarpras yang rusak dengan membedakan sarpras yang bergerak dan tidak bergerak; b) Membentuk tim sarpras dan membuat jadwal piket dan senantiasa dikontrol oleh kepala madrasah; c) Pengecekan dan pencegahan sarpras dilakukan dengan secara intens; d) Sarpras yang mengalami rusak ringan diperbaiki untuk kerusakan berat diganti yang baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Hanifah
Date Deposited: 25 Jul 2022 00:37
Last Modified: 25 Jul 2022 00:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item