IMPLEMENTASI METODE TASMI’, TALAQQI, DAN MURAJA’AH (TTM) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH TAHFIZH ANAK USIA DINI SAHABAT QUR’AN SUMBERSARI JEMBER

Yustin, Intan Maulida (2021) IMPLEMENTASI METODE TASMI’, TALAQQI, DAN MURAJA’AH (TTM) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH TAHFIZH ANAK USIA DINI SAHABAT QUR’AN SUMBERSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
INTAN MAULIDA YUSTIN_U20171046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Intan Maulida Yustin, 2021: Implementasi Metode Tasmi’ Talaqqi, Dan
Muraja’ah (TTM) Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Tahfizh Anak
Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember.
Kata Kunci : Metode Tasmi’, Talaqqi, Muraja’ah, Tahfizh, Anak Usia Dini.
Di Sekolah Tahfizh Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Jember mayoritas
santri belum bisa baca tulis dengan benar, maka diterapkanlah metode tasmi’ dan
talaqqi untuk mendukung santri menghafal Al-Qur’an, kemudian metode
muraja’ah yang diterapkan untuk mendukung santri menjaga dan memperkuat
hafalan mereka.
Skripsi ini memiliki beberapa fokus penelitian yakni 1) Bagaimana
implementasi metode Tasmi’ dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Tahfizh
Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember. 2) Bagaimana implementasi
metode Talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an diSekolah Tahfizh Anak Usia Dini
Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember. 3) Bagaimana implementasi metode
Muraja’ah dalam pembelajaran Al- Qur’an di Sekolah Tahfizh Anak Usia Dini
Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember.
Penelitian ini memiliki tujuan, 1) Untuk mengetahui bagaimana
implementasi metode Tasmi’ dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Tahfizh
Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember. 2) Untuk mengetahui
bagaimana implementasi metode Talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an diSekolah
Tahfizh Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember. 3) Untuk
mengetahui bagaimana implementasi metode Muraja’ah dalam pembelajaran Al�Qur’an di Sekolah Tahfizh Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember.
Dalam studi ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data diperoleh dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah
Sekolah Tahfizh Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember. Subjek
penelitiannya adalah pendiri sekolah, para guru dan juga santri di Sekolah Tahfizh
Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Sumbersari, Jember.
Berdasarkan hemat peneliti, metode Tasmi’, Talaqqi dan Muraja’ah adalah
metode yang simpel dan praktis dapat diterapkan pada anak usia dini yang
memiliki karakteristik berbeda-beda, dan ketiga metode ini diterapkan dengan
semaksimal mungkin sehingga dapat mencetak generasi huffazh yang baik.
Semua ini tidak luput dari peran penting para guru dan orangtua dalam mendidik
dan mendukung pembelajaran Al-Qur’an santri TAUD SAQU Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Intan Maulida Yustin
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:48
Last Modified: 27 Jul 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11436

Actions (login required)

View Item View Item