PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 2 MARON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Uyun, Badriyatul (2020) PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 2 MARON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.

[img] Text
Badriyatul Uyun_T20169039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode dalam pembelajaran tidak hanya untuk memudahkan dalam proses pembelajaran tetapi juga untuk membangun motivasi belajar, keceriaan, kesenangan dan juga kenyamanan untuk peserta didik. Ada berbagai metode yang dapat digunakan oleh guru diantaranya ialah metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa khususnya dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Tutor sebaya merupakan salah satu dari metode pembelajaran berbasis active learning yang memberikan kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Apakah faktor pendukung dari pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Apakah faktor penghambat dari pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020, untuk mendeskipsikan faktor pendukung dari pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 3) untuk mendeskrripsikan faktor penghambat dari pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) langkah-langkah dari pelaksanaan pembelajaran metode tutor sebaya di SMP Negeri 2 Maron meliputi: penyampaian langkah-langkah dan tujuan sampai penyampaian kesimpulan 2) Faktor pendukung dari implementasi metode tutor sebaya meliputi interaksi antara guru dan siswa, minat siswa dan kenyamanan siswa. 3) Faktor penghambat dari implementasi metode tutor sebaya meliputi kurangnya persiapan tutor, kondisi siswa dalam kelas, dan sarana-prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:50
Last Modified: 01 Dec 2020 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item