Rofiatus, Surul (2022) PENERAPAN PROGRAM BUKU SAKU JUJUR SEBAGAI KONTROL SIKAP DAN PERILAKU SISWA DI MTS UNGGULAN AL-QODIRI I JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ROFIATUS SURUL (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Rofiatus Surul, 2022: Penerapa program buku saku jujur sebagai kontrol sikap
dan perilaku siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri I Jember
Kata kunci: Program Buku Saku Jujur, Sikap dan Perilaku
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang memiliki
pengaruh besar terhadap sikap dan perilaku. Oleh karena itu, MTs Unggulan AlQodiri I Jember sebagai lembaga yang bertujuan mencetak kader islami dan
berakhlakul karimah, menerapkan program buku saku jujur guna mengontrol
seluruh kegiatan siswa selama dua puluh empat jam.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
perencanaan penerapan program buku saku jujur sebagai kontrol sikap dan
perilaku siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri I Jember. 2) Bagaimana pelaksanaan
penerapan program buku saku jujur sebagai kontrol sikap dan perilaku siswa di
MTs Unggulan Al-Qodiri I Jember. 3) Bagaimana evaluasi penerapan program
buku saku jujur sebagai kontrol sikap dan perilaku siswa di MTs Unggulan alQodiri I Jember.
Tujuan dalam penelitian ini adalah. 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana
perencanaan penerapan program buku saku jujur sebagai kontrol sikap dan
perilaku siswa di MTs Unggulan al-Qodiri I Jember. 2) Untuk mendeskripsikan
bagaimana pelaksanaan penerapan program buku saku jujur sebagai kontrol sikap
dan perilaku siswa di MTs Unggulan al-Qodiri I Jember. 3) Untuk
mendeskripsikan bagaimana evaluasi penerapan program buku saku jujur sebagai
kontrol sikap dan perilaku siswa di MTs Unggulan al-Qodiri I Jember.
Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Sedangkan untuk menentukan subyek
penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan peneliti adalah
analisis interaktif Miles and Huberman. Dengan langkah berikut: Reduksi data,
Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data
peneliti menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1) Perencanaan penerapan
program buku saku jujur dalam mengontrol sikap dan perilaku siswa
menggunakan beberapa tahapan yaitu dengan pembentukan SOP, struktur,
penanggung jawab, pelaksana, dan objeknya. 2) Penerapan program buku saku
jujur dilaksanakan melalui koordinasi yang jelas yang berawal dari ketua kamar,
PENDAR (pengurus daerah), KPK (komisi penegak kedisiplinan), kesiswaan,
guru BK (bimbingan konseling), dan terahir wali kelas yang mana wali kelas yang
melakukan bimbingan dan pengarahan terhadap siswa yang melanggar. Dengan
menggunakan beberapa metode yaitu: keteladanan, pengarahan dan bimbingan,
pembiasaan dan pelatihan, penciptaan lingkungan, dan penugasan. 3) Evaluasi
penerapan program buku saku jujur dilaksanakan secara bertap di masing-masing
pengurus, yang mana dalam tahapan evaluasinya terdiri dari evaluasi, mingguan,
bulanan, dan tahunan. Sehingga dengan demikian program buku saku jujur
dianggap mampu membina sikap dan perilaku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rofiatus Surul |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 06:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 06:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11535 |
Actions (login required)
View Item |