Strategi Pemberdayaan Masyarakat Oleh Komunitas Kampoeng Recycle di Perumahan Taman Gading Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

ALIYAH, HANIFATUL (2020) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Oleh Komunitas Kampoeng Recycle di Perumahan Taman Gading Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HANIFATUL ALIYAH_D20162026.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Masalah sampah adalah masalah bersama, maka pengelolaannya juga menjadi tanggung jawab bersama. Dari dahulu, pembangunan sampah hingga ke lihir, pengelolaan sampah hanya mungkin dilakukan oleh berbagai pihak. Salah kota yang masih kesulitan akan permasalahn sampah yaitu kota Jember. Jember merupakan kota yang memiliki slogan Jember terbina. Tujuannya untuk membangun desa dan menata kembali daerah perkotaan termasuk sistem pengelolaan sampah yang dalam proses perbaikan dan pembangunan. Jember mempunyai lima TPA yang terbesar di beberapa kecamatan yaitu Tanggul, Kencong, Balung, Ambulu, dan Pakusari. TPA pakusari merupakan TPA terbesar di Kabupaten Jember. TPA Pakusari terletak di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Volume sampah yang masuk ke TPA Pakusari setiap harinya sebesar 450-500 m persegi yang diangkut oleh 24 Truk, sebanyak 2-3 kali perhari. Adanya permasalahan tersebut, maka salah satu penduduk Jember mendirikan sebuah Komunitas sebagai penggerak dalam melakukan pemberdayaan sampah yaitu Komunitas Kampoeng Recycle. Komunitas Kampoeng Recycle melakukan beberapa strategi dalam memberdayakan sampah, salah satunya mendaur ulang sampah. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui daur Ulang Sampah yang dilalukan oleh Komunitas Kampoeng Recycle di Perumahan Taman Gading 2. Bagaimana pengelolaan Produk yang dihasilkan oleh Komunitas Kampoeng recycle di Perumahan Taman Gading? Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan Masyarakat Melalui daur Ulang Sampah yang dilalukan oleh Komunitas Kampoeng recycle dan mengetahui cara pengelolaan Produk yang dihasilkan oleh Komunitas Kampoeng recycle di Perumahan Taman Gading Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teori prinsip dan strategi pemberdayaan. Lokasi penelitian berada di Perumahan taman Gading, Kaliwates, Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposif sampling. Teknik penumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Adapaun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunkan Triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kewarganegaraan ekologis yaitu 1. membangun trilogi Kampoeng Recycle,2. Pelibatan generasi muda 3. Penggunaan media sosial (whatsapp, Instagram, Facebook) untuk membangun jaringan 4. Penyebarluasan gagasan melalui internet (website, youtube).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:30
Last Modified: 29 Jul 2022 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11787

Actions (login required)

View Item View Item