LULUK FAJRIYAH IZZAH MAULIDA, 0849113055 (2015) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MA’HAD ALY PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUMBEREJO BANYUPUTIH SITUBONDO JAWA TIMUR. Masters thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
DEPAN GABUNG.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) | Preview |
Abstract
Luluk Fajriyah Izzah Maulida 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia di
Ma’had Aly Pondok Pesantern Salafiyah Syafi’iyah Sumberojo
Banyuputih Situbondo. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam.
Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana IAIN Jember.
Dosen Pembimbing 1:
Dr. Mashudi, M.Pd. dan pembimbing 2: Dr. H. Mundir Rosyadi, M.Pd
Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Ma’had Aly
Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama dalam organisasi
dibandingkan elemen lain seperti modal dan teknologi, sebab manusia itu sendiri
yang mengendalikan yang lain. Sekolah sebagai salah satu organisasi/lembaga
pendidikan saat ini masih dinilai sebagai lembaga yang memiliki skor
akreditasi rendah dari berbagai sudut, termasuk dalam mutu pengelolaan dan
pelayanan yang masih belum mampu menunjukkan sisi-sisi profesionalitas dalam
memberikan kepuasan para pelanggannya.
Penelitian ini fokus pada permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana
perencanaan tenaga pendidik di Ma’had Aly Situbondo. (2) Bagaimana proses
rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik di Ma’had Aly Situbondo. ( 3)
Bagaimana proses penempatan tenaga pendidik di Ma’had Aly Situbondo (4)
Bagaimana pengembangan dan pembinaan tenaga pendidik untuk menignkatkan
mutu pendidikan. (5) Bagaimana proses penilaian kinerja tenaga pendidik di
Ma’had Aly pondok pesantren salafiyah syafi’iyah Situbondo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih mendalam tentang:
Pertama, Bagaimana Perencanaan, Kedua, Bagaimana Rekrutmen dan seleksi,
Ketiga, Bagaimana penempatan, Keempat, Bagaimana pengembangan dan
pembinaan, Kelima penilaian kinerja tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu
pendidikan madrasaha diniyah di pondok pesantren salafiyah syafi’iyah
Situbondo.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedang
rancangan penelitiannya adalah studi kasus. Lokasi penelitian dipilih pondok
pesantern salafiyah syafi’iyah Situbondo. Teknik pengumpulan data yang di
gunakan adalah teknik wawancara yang mendalam, observasi, studi dokumentasi.
Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melalui tiga
alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik trangulasi sumber dan
metode.
Hasil penelitian ini. Pertama. Perencanaan tenaga pendidik telah dirancang
dan disiapkan oleh pihak pesantren sesuai dengan kebutuhan lembaga, Kedua.
Pola rekrutmen dan seleksi dilakukan dengan musyawarah antar pimpinan dengan
melihat dua sumber yaitu internal dan eksternal. Ketiga. Penempatan dilakukan
dengan memperhatikan kemampuan personal. Keempat, pengembangan dan
pembinaan dilakukan secara teratur melalui pelatihan, workshop, diskusi dosen,
rapat rutin, dan batsul masail Kelima. Penilaian kinerja dilakukan dengan metode
prosentase absensi guru dan jurnal mengajar dan hal selalu yang mendapatkan
penilaian dari tenaga pendidik adalah pengusaan materi, bacaan kitab kuning,
kreativitas dalam mengajar, dan absensi dosen
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sumber Daya Manusia, Ma’had Aly |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 02:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 02:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/118 |
Actions (login required)
View Item |