AMALIYAH, SAYYIDAH UMAMAH (2021) Implementasi Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Inggil Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SAYYIDAH UMAMAH AMALIYAH_T20164045.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Bahasa jawa terancam punah karena ditinggalkan penuturnya sebagai akibat dari globalisasi dan perkembangan teknologi. Hal tersebut berpengaruh terhadap merosotnya etika dan kesantunan didalam berinterkasi terutama kepada orang yang lebih tua. Sebagai alat komunikasi yang memiliki tingkatan kebahasaan, bahasa jawa krama perlu untuk kembali dilestarikan sehingga seluruh masyarakat bangga dan menggunakannya didalam bertutur. Maka keterampilan berbahasa jawa krama patutlah ditanamkan sedari dini, terutama pada tingkat sekolahg dasar. Oleh sebab itu, pengembangan media dan strategi pembelajaran harus pula lebih berfariasi, sehingga antusias peserta didik meningkat sebagaimana diharapkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember? 3) Bagaimana evaluasi model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. 3) mendeskripsikan evaluasi model Quantum Learning dengan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Subyek penelitian dipilih dengan cara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, observasi, wawancara dan studi dokumenter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 00:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 00:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12000 |
Actions (login required)
View Item |