Putri, Emilia Erlita (2021) Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Emilia Erlita Putri_T20171192.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Di zaman modern ini sangat penting nilai akhlak dalam menjaga keharmonisan dan menyelaraskan pembangunan serta kemajuan bangsa, maka nilai akhlak harus tetap dilestarikan dan ditanamkan kepada setiap manusia terutama peserta didik. Salah satu penanaman nilai tersebut adalah nilai pendidikan. Pendidikan didesain sebaik mungkin agar para peserta didik mampu memahami dan menghayati nilai-nilai yang diajarkan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi? 3) bagaimana evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi? Tujuan penelitian yaitu: 1) mendeskripsikan perencanaan Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi. 2) mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi. 3) mendeskripsikan evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek yang dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model milles, Hubberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) dari hasil perencanaan pembelajaran ini telah ditetapkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diperinci menjadi empat macam mata pelajaran diantaranya Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, SKI dan kitab. 2) proses pelaksanaan dilaksanakan setiap hari atau setiap jam sekolah dimulai dan diakhiri ketika jam sekolah selesai. Karena adanya pandemi saat ini proses pembelajaran dilakukan secara online. 3) evaluasi pembelajaran untuk mata pelajaran agama menggunakan pretest dan protest, ulangan harian, ujian mid semester dan ujian akhir semester, sedangkan untuk kitab klasik yang lebih menggunakan tes soal praktek dan hafalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 00:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 00:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12041 |
Actions (login required)
View Item |