Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Mts Ashri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

QOMARIYAH, HAFIDLOTUN NURUL (2021) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Mts Ashri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAFIDLOTUN NURUL QOMARIYAH_T20159002.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Motivasi bukan saja penting, karena menjadi salah satu faktor penyebab belajar, namun juga memperlancar belajar dan prestasi belajar. Dari pengamatan peneliti di lapangan serta observasi langsung di sekolah (Mts Ashri Jember) yang berada di area pondok, diketahui terdapat siswa yang membolos pada saat jam pelajaran relatif banyak. Selain motivasi salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan siswadalam belajar adalah lingkungan belajar siswa. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPs Di Mts Ashri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan penelitian ini adalah 1). Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021: 2). Apakah terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021: 3). Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengatahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021: 2). Untuk mengatahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021: 3). Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 259 siswa, pengambilan sampel menggunakan disproportionate stratified sampling yaitu sebanyak 157 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Ada pengaruh yang positif dan signifikansi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021: 2). Ada pengaruh yang positif dan signifikansi antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021: 3). Ada pengaruh yang positif dan signifikansi antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPs di Mts Ashri jember tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:43
Last Modified: 05 Aug 2022 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12057

Actions (login required)

View Item View Item