Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Media Barang Bekas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 25 Gotong Royong Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Suryanto, Agus (2021) Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Media Barang Bekas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 25 Gotong Royong Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agus Suryanto_T20164079.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Saat ini dapat kita jumpai setiap hari manusia pasti memproduksi sampah yang beraneka ragam jenis dan bentuknya, baik sampah dari plastik, botol, kaleng bekas, daun dan lain sebagainya. Sampah dan bahan bekas yang tidak digunakan tersebut mencemari lingkungan sekitar kita, merusak ekosistem tanah karena sampah tidak dapat diuraikan tanah. Sampah tersebut dapat terurai didalam tanah setelah bertahun-tahun lamanya. Sampah atau bahan bekas tersebut sering kita abaikan kegunaannya. Dengan kreativitas dan inovasi, semua orang dapat mengubah sampah dan bahan bekas tersebut menjadi barang yang berguna. Dari Konteks penelitian di atas maka fokus penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana upaya meningkatkan kreativitas pada aspek proses melalui media barang bekas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 25 Gotong Royong Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2).Bagaimana upaya meningkatkan kreativitas pada aspek produk melalui media barang bekas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 25 Gotong Royong Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan kreativitas pada aspek proses melalui media barang bekas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 25 Gotong Royong Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 2). Untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan kreativitas pada aspek produk melalui media barang bekas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 25 Gotong Royong Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian di atas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik penentuan informasinya menggunakan purposive sampling. Teknik penggalian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan model analisisnya dalam penelitian ini menggunakan model Miles Huberman dan Saldana, yaitu reduksi data, display data, mengambil kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Temuan penelitian ini adalah 1). Upaya meningkatkan kreativitas pada aspek proses melalui media barang bekas dilakukan dengan melibatkan anak untuk berinteraksi secara langsung dengan gagasannya sendiri yaitu anak bebas berkreasi asalkan sesuai dengan tema. 2). Upaya meningkatkan kreativitas pada aspek produk melalui media barang bekas dilakukan dengan cara membimbing kemampuan kreativitas anak, mengkombinasikan pengetahuannya untuk mencipta produk secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:43
Last Modified: 05 Aug 2022 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item