Dilema Siaran Keagamaan di Radio Dalam Mengdapi Digitalisasi Media (Studi Kasus K Radio Jember).

SELMA, VAYLASUFAH (2022) Dilema Siaran Keagamaan di Radio Dalam Mengdapi Digitalisasi Media (Studi Kasus K Radio Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VAYLASUFAH SELMA_D20171074.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menjadikan masyarakat dunia telah bergerak dan beralih dari era tradisional menuju era revolusioner dimana segala informasi mudah didapatkan, seperti halnya siaran keagamaan mudah di dapatkan melalui media sosial. Akan tetapi radio yang merupakan media konvensional masih mempertahankan siaran keagaamaan hal tersebut terjadi pada K Radio yang hingga saat ini mampu mempertahakan program siaran keagamaan. Fokus masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini ialah: 1)Apa faktor yang mendukung program siaran keagamaan di radio mampu bertahan di tengah maraknya siaran di media sosial? 2) Bagaimana para pengelola program siaran keagamaan di radio berupaya untuk tetap bertahan di tengah maraknya siaran di media sosial? 3)Apa dampak keberlangsungan program siaran keagaman di radio dalam menghadapi maraknya siaran di media sosial? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui faktor pendukung program siaran keagamaan mampu bertahan di tengah maraknya siaran di media sosial. 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakkan oleh para pengelola program siaran keagamaan untuk tetap bertahan di tengah maraknya siaran di media sosial. 3) Untuk mengetahui dampak keberlangsungan program siaran keagamaan dalam menghadapi maraknya siaran di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) faktor yang mendukung program siaran keagamaan dikrenakan faktor kualitas SDM dan Manajemen Program. 2) upaya yang dilakukan oleh pengelola ialah dengan branding program serta jalinan kerjasama. 3) dampak keberlangsungan yang terjadi ialah dari segi ekonomi, SDM, dana kelembagaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:35
Last Modified: 11 Aug 2022 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item View Item