Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berorientasi 3C3R Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs

Nisa', Umi Nur Choirun (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berorientasi 3C3R Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Umi Nur Choirun Nisa'_T201610023.pdf - Accepted Version

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci: IPA, model PBL berorientasi 3C3R, pengembangan, perangkat pembelajaran.

Perangkat pembelajaran IPA di MTs Negeri 1 Jember sudah bervariasi mulai dari RPP, bahan ajar, dan alat evaluasi. Namun dengan banyaknya tuntutan kurikulum yang harus dipenuhi guru seiring menggunakan model pembelajaran berpusat pada guru sehingga pembelajaran kurang bermakna bagi peserta didik dan pembelajaran terkesan membosankan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi content, context, conection, researching, reasoning and reflecting (3C3R) merupakan solusi alternatif guna menghadirkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran model PBL berorientasi 3C3R adalah suatu perangkat pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan dan menyelesaikan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat validitas perangkat pembelajaran model PBL berorientasi 3C3R? 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran model PBL berorientasi 3C3R?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan perangkat pembelajaran model PBL berorientasi 3C3R dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran model PBL berorientasi 3C3R pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs. Jenis Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Mengingat keterbatasan waktu, tenaga dan biaya maka tahapan pengembangan perangkat pembelajaran hanya sampai pada tahap ke empat yaitu Implementation. Subjek penilaian produk untuk validitas perangkat pembelajaran yaitu ahli pendidikan, ahli materi dan ahli pengguna yang terdiri dari dosen IPA dan guru IPA MTs Negeri 1 Jember serta respon didik dari peserta didik kelas VIII-G. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif. Berdasarkan analisis kevalidan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Hasil persentase rata-rata silabus diperoleh 90%, RPP diperoleh rata-rata total 90,29%, LKPD mencapai 91,35%, dan validasi lembar penilaian diperoleh 89,25%. Hasil respon peserta didik pada uji coba skala kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,56% dengan kategori “sangat menarik” dan uji coba skala besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,81% dengan kategori sangat menarik. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model PBL berorientasi 3C3R yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid dan menarik sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:33
Last Modified: 12 Jan 2021 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item