Konsep Al - Qiyamah dalam Al - Quran dengan Pendekatan Semantik Toshihiko Izutsu

Izzati, Arifatl (2022) Konsep Al - Qiyamah dalam Al - Quran dengan Pendekatan Semantik Toshihiko Izutsu. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARIFATUL IZZATI_U20151056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) karena sumber data yang dianalisa dan yang digunakan adalah dari bahan-bahan tertulis, baik dari buku, naskah atau lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Data yang digunaan adalah ayat ayat al-Qur’an yang berbicara secara langsung tentang kiamat. Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik Toshihiko Izutsu, yang pada intinya ingin menemukan makna kata dengan memperhatian kesejarahan makna kata tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Kata al-Qiyamah memiliki makna dasar bangkit atau berdiri. Sedangkan makna relasional terdiri dari 2 model 1) Secara sintagmatik, kata kiamat bermakna kebangkitan. 2) Secara paradigmatik kata kiamat menjalin hubungan sinonimitas dengan kata al-Sa’ah, al-Hâqqah, al-Ghâsyiah, ash - Shâkhah dan ath-Thâmmah yaum al-Dīn, dan sebagainya.
2) Makna sinkronik dan diakronik al-Qiyamah dalam al-Qur’an yaitu Izutsu membagi makna al-Qiyamah berdasarkan sejarahnya menjadi 3 periode yairtu (1) pra Qur’anik yaitu artinya bangkit, berdiri atau bangun dari duduk, (2) Qur’anik yaitu kebangkitan dan pembalasan bagi umat manusia. Dan (3) Pasca Qur’anik yaitu kehancuran alam semesta.
3) Pandangan dunia (weltanschauung) mengenai kata al-Qiyamah adalah suatu musibah yang buruk atau bencana yang mengerikan bagi seluruh manusia, baik kiamat kecil ataupun kiamat besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mrs Ariffatul Izzati
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:50
Last Modified: 23 Aug 2022 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item