Zahro, Siti Fatimatuz (2020) Upaya Pembentukan Karakter Santri Melalui Program Abdi Masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Siti Fatimatuz Zahro_T20151146.pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan pesantren memiliki posisi strategis dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sebagai bagian pendidikan tertua di bangsa ini, pesantren mempunyai tempat tersendiri di hadapan masyarakat. Sehingga melalui pendidikan karakter, akan tercapainya tujuan pendidikan bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia. Pada akhirnya akan menciptakan banyak intelektual terpelajar dan berakhlak, artinya bukan hanya sekedar pintar akan tetapi memiliki moral yang unggul. Pesantren Nurul Islam Jember merupakan salah satu pesantren yang memiliki program untuk membentuk karakter santri melalui Program Abdi Masyarakat atau dikenal dengan sebutan PAM. Program ini merupakan program tahunan, langsung dikoordinasi oleh tim kepesantrenan yang di sebar ke berbagai pesantren yang ada di Jember dengan tujuan mempererat hubungan antar pesantren Nuris dengan pesantren tempat peserta PAM bertugas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya pembentukan karakter peduli sosial santri melalui program abdi masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember?, (2) Bagaimana upaya pembentukan karakter bersahabat/ komunikatif santri melalui program abdi masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan model purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian, diperoleh kesimpulan (1) Upaya untuk membentuk karakter santri meliputi tiga tahap prosedur yang harus dijalani dalam PAM yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaiaan/ penyusunan laporan. Melibatkan langsung santri untuk mengamati keadaan lingkungan pesantren tempat PAM dan sebelum terjun ke lokasi pengabdian, peserta PAM di beri pembekalan antara lain dengan praktek menjadi imam sholat bergantian, perawatan jenazah, etika pesantren, tahlil, sholawat, burdah, kutbah dan bilal jumat serta do'a-do'a setelah sholat. Peraturan yang diberlakukan di Pondok Pesantren Nuris tetap berlaku selama di lokasi pengabdian. (2) Upaya pembentukan karakter bersahabat/komunikatif santri dengan mengembangkan wawasan pengalaman dan keterampilan santri dalam belajar dan berlatih mengajar. Memiliki pandangan dan pengalaman lebih untuk bisa mengamalkan dan menyebarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki sebagai bekal untuk hidup di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:46 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1267 |
Actions (login required)
View Item |