Istiqomah, Ajeng Handariyatul (2020) Implementasi Pembelajaran al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Ajeng Handariyatul Istiqomah_T20161148.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran al-Qur’an, Metode Tilawati Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang perlu dipelajari dan diamalkan bagi setiap umat Islam. Melihat pentingnya pembelajaran al-Qur’an jika dikaitkan dengan pendidikan masa kini maka sebagai alternatifnya banyak lembaga formal yang memiliki program dan kebijakan khusus untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar al-Qur’an. Berdasarkan fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2019/2020?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2019/2020?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran al-Qur’an di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2019/2020, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2019/2020, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran al- Qur’an di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, dengan pengecekan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran al- Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember terlebih dahulu membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dibuat dalam 1 tahun pembelajaran, tujuan pembelajaran disesuaikan dengan standart Metode Tilawati, strategi pembelajaran dibuat tidak jauh berbeda dengan buku pedoman Metode Tilawati dan merumuskan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember menggunakan stategi klasikal dengan media alat peraga, materi pembelajaran dikelompokkan dengan kemampuan siswa dan pelaksanaan tujuan pembelajarannya disesuakan dengan materi pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember menggunakan 4 tahap yaitu Pre-Test, Harian dan Kenaikan Jilid serta privat. Pre-Test digunakan untuk pengelompokkan jilid pada siswa diawal tahun pembelajaran, evaluasi harian guna mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran yang sudah berlangsung, evaluasi kenaikan jilid dilakukan 3 bulan sekali dan evaluasi privat digunakan untuk siswa yang tidak naik jilid yang dilakukan di luar jam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:47 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1281 |
Actions (login required)
View Item |