Pengaruh Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Di MTs Al Firdaus Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jamaluddin Amir, Muhammad (2020) Pengaruh Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Di MTs Al Firdaus Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Jamaluddin Amir_T20159001.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu polotik, dan ekologi yang diformulasikan untuk tujuan intruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari. Untuk mencapai hal itu, siswa memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran yang dapat membantu memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru sehingga lebih cepat dipahami dan dimengerti oleh siswa. Salah satunya adalah media power point yang berfungsi sebagai motivasi dan meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar IPS di Madrasah Tsanawiyah Al Firdaus Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa IPS di Madrasah Tsanawiyah Al Firdaus Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quaisy Experimental Design atau eksperimen semu yang didesain dengan mengunakan Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Firdaus Panti Jember. Sampel penelitian berjumlah 44 siswa terdiri dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai kuisioner/angket. Analisis data dengan Independent Sample T Test dan dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunujukkan bahwa nilai signifikansi atau sig.(2-tailed) <0,05 sehingga hipotesi nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media power point terhadap minat belajar IPS di Madrasah Tsanawiyah Al Firdaus Panti Jember tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:08
Last Modified: 06 Sep 2022 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12904

Actions (login required)

View Item View Item