Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem based learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Puger Jember.

Badria, Maulidatul (2021) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem based learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Puger Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulidatul Badria_T20177049.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu pendidik atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Salah satu jenis bahan ajar adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD merupakan bahan ajar cetak yang berisi ringasan materi, contoh soal dan soal-soal yang didalamnya terdapat petunjuk pelaksanaan yang mengacu pada kompetensi dasar yang ingin dicapai. Lembar Kerja Peserta Didik ini dikembangkan dengan berbasis masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) sesuai kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di SMPN 1 Puger Jember. 2) Bagaimana kevalidan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di SMPN 1 Puger Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di SMPN 1 Puger Jember. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan produk pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di SMPN 1 Puger Jember. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Research and Development (RnD), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 3 tahapan ADD yaitu (1) Analysis (analisa), (2) Design (Desain/ perancangan), (3) Development (pengembangan). Penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (pengembangan) dikarenakan masa pandemi covid-19, sehingga peserta didik tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka namun pembelajaran secara daring. Fokus pengembangan pada penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII. Hasil dari penelitian ini 1) proses pengembangan dilakukan dengan 3 tahapan yaitu Analysis (analisa), Design (Desain/ perancangan), Development (pengembangan). Pada tahap analisis peneliti menganalisis kurikulum, karakteristik peserta didik dan materi selanjutnya tahap merancang desain bahan ajar sampai proses pengembangan yakni validasi dan revisi. 2) Hasil kevalidan dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli materi dengan skor 85.56%, ahli desain 85%, dan ahli pendidikan matematika 81,67% yang menunjukkan rata-rata keseluruhan 84.07% dengan kriteria sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:03
Last Modified: 07 Sep 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item View Item