Rukmana, Ning Reza Kamilatul (2019) Konsep pendidikan Integral Perspektif Pemikiran Muhammad Natsir. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Ning Reza Kamilatul Rukmana_T20151272.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kajian tentang Konsep Pendidikan Integral Prespektif Pemikiran Muhammad Natsir bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan integral yang diterapkan Muhammad Natsir di Indonesia. Muhammad Natsir adalah tokoh sejarah Negara Indonesia dan seorang tokoh pembaharu Islam dan juga pimpinan partai politik Islam Masyumi. Selain tokoh politik beliau juga memiliki pemikiran pendidikan Integral yang sangat berpengaruh dalam pendidikan Islam. Pemikiran pendidikan Muhammad Natsir ialah pendidikan yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama. Untuk memperjelas skripsi ini, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep pendidikan Integral dari Muhammad Natsir? (2) Bagaimana relevansi pendidikan Integral perspektif pemikiran dari Muhammad Natsir terhadap pendidikan sekarang? Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah filosofis dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan, peneliti menggunakan teknik analisi deskriptif dan analisa isi (content analisys). Hasil dari kajian ini adalah : (1) Konsep pendidikan Integral perspektif Muhammad Natsir adalah pendidikan yang mengedepankan keseimbangan antara pendidikan jasmani, rohani, intelektual, umum, dan agama. (2) Relevansi konsep pendidikan Integral perspektif Muhammad Natsir dalam perkembangan pendidikan sekarang adalah kurikulum pendidikan Islam, yaitu: (a) Konsep Pendidikan Integral, harmonis, dan Universal dari Muhammad Natsir terhadap kurikulum pendidikan, yaitu dengan menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu umum, (b) Konsep Pendidikan Integral perspektif Muhammad Natsir yang berlandaskan kepada Tauhid dalam pengembangan kurikulum, yang mana menselaraskan pelajaran agama dan pelajaran umum agar peserta didik mampu menguasai kedua ilmu tersebut dan mampu menguasai tiga aspek capaian peserta didik yaitu, aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:47 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1293 |
Actions (login required)
View Item |