TRADISI MINUM AIR DO’A SHOLAWAT NARIYAH (Study Living Hadis di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember )

Hikmah, Deyis Magfirotul (2020) TRADISI MINUM AIR DO’A SHOLAWAT NARIYAH (Study Living Hadis di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Deyis Magfirotul Hikmah_U20162014.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Tradisi Minum Air Doa Sholawat Nariyah merupakan tradisi yang setiap hari Kamis dilaksanakan di Pesantren Nurul Hidayah, tradisi tersebut sudah menjadi kegiatan wajib di Pesantren yang wajib dikuti oleh santri, tidak hanya santri namun masyarakat sekitar Pesantrenpun ikut andil dalam melaksakan tradisi tersebut. Meski sudah menjadi kegiatan yang wajib di Pesantren setiap orang selalu memiliki alasan tersendiri dalam mengikuti tradisi tersebut. Pencarian motif dan tujuan menjadi daya tarik tersendiri menurut peneliti, sehingga peneliti mangambil judul Tradisi Minum Air Do’a Sholawat Nariyah (Study Living Hadis Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember ) Adapun rumusan masalahnya antara lain: 1). Bagaimana sejarah Sholawat Nariyah ?. 2). Apa yang menjadi motif pelaksanaan minum air doa Sholawat Nariyah di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember ?. 3). Apa manfaat diadakannya prosesi minum air doa Sholawat Nariyah di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember ? Penelitian ini mereupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara: 1) observasi data. 2) interview kepada para subyek penelitian. 3) Dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya Sejarah Sholawat tersebut dinamakan dengan Sholawat Nariyah adalah karena penduduk di daerah Magrib (Maroko) apabila mengharapkan sesuatu atau menolak sesuatu yang ditakuti maka mereka berkumpul di suatu majlis. Kemudian mereka akan membaca Sholawat Nariyah, penyusun redaksi Shalawat tersebut dinisbatkan pada Al-Imam Abi Ishaq Ibrahim Al�Taziy. Adapun motif minum air doa Sholawat Nariyah merupakan tradisi dimana dengan wasilah air yang telah didoakan dengan Sholawat Nariyah apa yang menjadi hajjat para jamaah mudah dikabulkan. Hal tersebut tidak lepas dari barokah membaca Sholawat Nariyah yang mana Sholawat Nariyah merupakan bentuk tawassul dengan Nabi Muhammad SAW. dan diperbolehkan. Manfaatnya yaitu dengan perantara “sebab” membaca Sholawat Nariyah molekul-molekul air akan menjadi baik dan pada saat seseorang yang telah membaca Sholawat Nariyah meminum air tersebut akan mendapatkan “akibat” dampak positif seperti mendapat barokah melalui perantara Sholawat Nariyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:17
Last Modified: 07 Sep 2022 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12932

Actions (login required)

View Item View Item