Laily, Sitti Nur (2020) Bentuk Penanaman Pendidikan Influentif Perspektif Dr. Abdullah Nashih Ulwan Dalam Buku “Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Sitti Nur Laily_084141377.pdf Download (3MB) |
Abstract
Buku pedoman pendidikan Anak Dalam Islam merupakan penyajian ilmu yang membahas tentang tata cara mendidik anak sesuai dengan syariat Islam. Dimana setiap pembahasannya tak luput dari ayat al-Qur’an da hadits.. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pendidikan influentif menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam buku “Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam”. (1) Bagaimana bentuk penanaman pendidikan influentif perspektif Dr. Abdullah Nashih Ulwan Dalam Buku “Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan influentif dalam buku karya Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam buku “Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk penanaman pendidikan influentif perspektif Dr. Abdullah Nashih Ulwan Dalam Buku “Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan influentif dalam buku karya Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam buku “Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), artinya penelitian yang dilaksanakan dalam hal ini, ruang kerja penelitian adalah ruang perpustakaan. Metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan berbagai sumber data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Content Analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang mencakup upaya klasifikasi tanda-tanda yang dipakai dalam komunikasi dan menggunakan kriteria sebagai dasar klasifikasi dan mengguunakan teknik analisis tertentu sebagai pembuat prediksi. Berdasarkan penyajian data dan analisis data dapat disimpukan, pertama bahwa bentuk penanaman pendidikan influentif perspektif Dr. Abdullah Nashih Ulwan Dalam Buku “pedoman pendidikan Anak Dalam Islam ada lima yaitu: 1). Pendidikan dengan keteladanan, bahwa pendidik harus mampu memberikan teladan dan contoh yang baik, 2). Pendidikan dengan adat kebiasaan, yaitu membiasakan anak berbuat baik sejak dini, 3). Pendidikan dengan nasihat, yaitu memberikan nasihat yang baik dan positif serta akhlakul karimah, 4). Pendidikan dengan perhatian, yaitu Memberikan perhatian dengan mengawasi setiap yang anak kerjakan agar terkontrol perilakunya, 5). Pendidikan dengan hukuman, yaitu hukuman (hudud) diberikan kepada anak apabila melanggar syariat agama. Kedua Nilai-nilai Pendidikan Influentif dalam buku meliputi: 1). Nilai keimanan, yaitu menanamkan nilai keimanan kepada anak sejak dini. 2). Nilai moral, yaitu mengajak pendidik untuk memperhatikan sifat anak, dan mengarahkan pada sifat yang baik 3). Nilai sosial, yaitu mengajak pendidik untuk selalu memperhatikan nilai sosial yang ada pada diri anak dimulai pada tahapan yang pertama, yaitu menunaikan hak orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:47 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |