Penerapan standar akuntansi keuangan EMKM dalam penyusunan laporan kruangan pada UMKM Griya Batik Barata

Rosidah, Tri Buana (2022) Penerapan standar akuntansi keuangan EMKM dalam penyusunan laporan kruangan pada UMKM Griya Batik Barata. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Tri Buana Rosidah E20183037 fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Tri Buana Rosidah, Nur Ika Mauliyah. SE. M, Ak, 2022: Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Griya Batik Barata.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha ekonomi yang aktif serta bebas, dan dikelola oleh badan usaha yang bukan cabang perusahaan yang dikendalikan atau menjadi bagian secara langsung maupun tidak dengan usaha kecil atau besar.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan pada UMKM Griya Batik Barata? 2) Bagaimana dampak penerapan SAK EMKM yang telah ditetapkan pada penyusunan laporan keuangan di Griya Batik Barata ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan dampak penerapan SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan pada UMKM di Griya Batik Barata.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati, peneliti menggunakan beberapa Teknik untuk menggunakan data, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari penerapan SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan pada UMKM di Griya Batik Barata. 1) Pemilik UMKM masih menggunakan pencatatan laporan keuangan yang sangat sederhana. 2) Kurangnya kemampuan UMKM dalam bidang pengelolaan laporan keuangan. 3) Pencatatan laporan keuangan yang rinci dianggap ribet oleh pemilik UMKM. 4) Setelah mencoba menerapkan SAK EMKM pemilik dan juga karyawannya merasa laporan keuangan yang dibuat menjadi lebih rapi dan lebih mudah mengatur jalannya produksi maupun distribusi. 5) Menambah edukasi serta wawasan dalam penyusunan laporan keuangan bagi pemilik usaha.

Kata Kunci : Laporan keuangan, SAK EMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Tri Buana Rosidah Ochi
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:29
Last Modified: 13 Sep 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item