Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Output di MAN 1 Jember.

MUTTAKIAH, SYARIFATUL (2020) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Output di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYARIFATUL MUTTAKIAH_T20163077.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pengembangan potensi yang mereka miliki. Pendidikan bukanlah kegiatan yang sederhana, melainkan kegiatan yang dinamis. Dalam hal ini komponen peserta didik keberadaannya sangat dibutuhkan, peserta didik merupakan subyek sekaligus obyek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan. Sebab itu dibutuhkan manajemen peserta didik yang bermutu bagi lembaga pendidikan itu sendiri. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana konsep perencanaan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana pola pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MAN 1 Jember? 3) Bagaimana model evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MAN 1 Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan konsep perencanaan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MAN 1 Jember. 2) Mendeskripsikan pola pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MAN 1 Jember. 3) Mendeskripsikan model evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MAN 1 Jember. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan. Lokasi bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Konsep perencanaan penerimaan peserta didik dimulai dari: (a). Kebijakan penerimaan peserta didik, yang meliputi: penentuan daya tampung madrasah dan jumlah peserta didik baru yang akan diterima; (b). Sistem penerimaan peserta didik baru, yang meliputi: sistem penerimaan menggunakan promosi dan seleksi. 2) Pola pelaksanaan pembinaan peserta didik meliputi: (a). Bidang akademik yaitu program intensif belajar dan program EKA, (b). Bidang non akademik yaitu bakat dan minat peserta didik, pembinaan sholat duha berjamaah, pembinaan hafalan Al-Qur’an, dan pembinaan sholat duhur berjamaah. (c). Layanan Bimbingan Konseling (BK) seperti layanan informasi dan bimbingan karir. 3) Model evaluasi peserta didik meliputi: (a) Mengukur kemajuan hasil belajar siswa. (b) Menganalisis sasaran mutu bimbingan ke Perguruan Tinggi. (c) Monitoring dan evaluasi terhadap data keadaan lulusan di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:48
Last Modified: 13 Sep 2022 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item