TITI, KADI (2022) TITI, KADI (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGARUSUTAMAAN ISLAM WASATHIYAH PADA PERGURUAN TINGGI UMUM DI KALIMANTAN TIMUR (Studi Multisitus pada Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda dan Universitas Balikpapan). Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
DISERTASI TITI KADI WATERMARK.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstract
ABSTRAK Titi Kadi, 2022, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pengarusutamaan Islam Wasathiyah pada Perguruan Tinggi Umum di Kalimantan Timur. Disertasi Program Doktor Pendidikan Agama Islam, PPs UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Promotor Prof. Dr. H. Babun Suharto, MM, Co-Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Islam Wasathiyah Islam adalah agama rahmatanlil’alamin. Agama yang mengajarkan cinta kasih pada seluruh makhluk. Namun realita menunjukkan adanya kelompok atau individu yang justru memperlihatkan perilaku sebaliknya. Mereka memiliki pemahaman dan gerakan radikal dan ekstrim. Adanya fanatisme kelompok yang mengatasnamakan agama. Hal yang paling mengkhawatirkan adalah paham ini tidak hanya berasal dari kalangan masyarakat biasa, ditemukan juga dari kalangan muda termasuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum. Fokus penelitian; 1) bagaimana konsep pembelajaran PAI dalam pengarusutamaan Islam Wasathiyah di Universitas Widyagama Mahakam (UWGM) Samarinda dan Universitas Balikpapan (UNIBA); 2) Bagaimana proses pembelajaran PAI dalam pengarusutamaan Islam Wasathiyah di UWGM dan UNIBA, dan 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran PAI dalam pengarusutamaan Islam Wasathiyah di UWGM Samarinda dan UNIBA. Jenis penelitian kualitatif (Qualitatif research) dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data; obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data; Milles and Huberman yakni; 1) kondensasi 2) penyajian dan 3) penarik kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian; 1) konsep pembelajaran PAI dalam pengarustamaan Islam wasathiyah dilihat di sisi karakteristik tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dua universitas tergambar pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dikembangkan dan menunjukkan adanya penguatan Islam wasathiyah berupa komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal. Dari sisi karakteristik isi dan bahan ajar dan penilaian keduanya mengembangkan Islam dari berbagai perspektif, bersikap positif terhadap berbagai persoalan keagamaan, menghargai berbagai pendapat dan menjunjung sikap inklusif. Perbedaan konsep terlihat dari proses pengalaman belajar dan media yang digunakan karena tergantung pada dosen. 2). Proses Pembelajaran dilakukan kedua universitas terlihat selaras. Keduanya; a) memiliki dokumen perencanaan perkuliahan kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS); b) menerapkan model mengajar yang menekankan pada penguatan sikap social termasuk Islam wasathiyah seperti cooperative learning, colaborative learning, Inquiry social dan problem solving, c) menerapkan model mengajar yang menekankan pada penguatan kognitif atau pemahaman konsep moderasi seperti information processing model, ekspository learning, inquiry learning, discovery learning; dan d) menerapkan model mengajar yang menekankan pada penguatan spiritual seperti nasihat, perumpamaan, kisah, munaqasyah. 3) Evaluasi Pembelajaran PAI yang dikembangkan serupa, termasuk dalam hal pengarusutamaan moderasi. Keduanya menerapkan penilaian proses dan penilaian hasil berupa penilaian Acuan Kelompok (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Etik (PAE) dengan asumsi bahwa manusia asalnya adalah fitrah, pendidikan berusaha mengembangkan atau mengaktualisasikan fitrah itu dan bersatunya iman, ilmu dan amal.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | TITI KADI TITI |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:52 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 03:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13104 |
Actions (login required)
View Item |