Pelaksanaan Program Unggulan Tahfidzul Qur’an Sebagai Upaya Pencapaian Kompetensi Siswa Di Kelas Laboratorium Agama MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang.

YANAH, MUZAY (2020) Pelaksanaan Program Unggulan Tahfidzul Qur’an Sebagai Upaya Pencapaian Kompetensi Siswa Di Kelas Laboratorium Agama MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUZAYYANAH_T20161192.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an merupakan suatu tindakan atau penerapan dari sebuah rancangan yang sudah tersusun secara matang dan terperinci yang dilaksanakan dengan urutan tertentu dalam sebuah kegiatan menghafal Al-Qur’an. Dalam pencapaian kompetensi siswa yang berarti karakteristik dasar yang dimiliki oleh masing-masing individu berupa kemampuan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik) serta nilai-nilai yang dapat terealisasikan dalam sebuah tindakan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan program unggulan tahfidzul qur’an dalam upaya pencapaian kompetensi kognitif siswa di kelas Laboratorium Agama Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang? 2) Bagaimana pelaksanaan program unggulan tahfidzul qur’an dalam upaya pencapaian kompetensi afektif siswa di Kelas Laboratorium agama Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang? 3) Bagaimana pelaksanaan program unggulan tahfidzul qur’an dalam upaya pencapaian kompetensi psikomotorik siswa di kelas Laboratorium Agama Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program unggulan tahfidzul qur’an dalam upaya pencapaian kompetensi kognitif siswa di kelas Laboratorium Agama Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang, untuk mendeskripsikan pelaksanaan program unggulan tahfidzul qur’an dalam upaya pencapaian kompetensi afektif siswa di kelas Laboratorium Agama Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang, dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program unggulan tahfidzul qur’an dalam upaya pencapaian kompetensi psikomotorik siswa di kelas Laboratorium Agama Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan yakni analisis model Miles dan Huberman. Adapun kesimpulannya, sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an dalam mencapai kompetensi kognitif siswa dilakukan dengan membagi beberapa kelas dan adanya materi yang mendukung pengetahuan siswa seperti pembelajaran Tajwid, Kitabati, dan lain sebagainya. 2) Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an dalam mencapai kompetensi Afektif siswa dilakukan dengan membagi beberapa kelas dan adanya materi yang yang mendukung akhlak siswa, seperti pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa lil Abna. 3). Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an dalam mencapai kompetensi psikomotorik melalui materi pembelajaran yang mendukung keterampilan siswa yakni imlak, makhorijul huruf, dan imlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:39
Last Modified: 13 Sep 2022 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item