Strategi Diversifikasi Konsentris Dan Integrasi Ke Belakang Dalam Peningkatan Volume Penjualan Jamur Oleh Umkm Firdaus Mushroom Farm Di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Mukarromah, Luluk Kholifatul (2022) Strategi Diversifikasi Konsentris Dan Integrasi Ke Belakang Dalam Peningkatan Volume Penjualan Jamur Oleh Umkm Firdaus Mushroom Farm Di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Kholifatul Mukarromah_E20182055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Luluk Kholifatul Mukarromah, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2022;
Strategi Diversifikasi Konsentris Dan Integrasi Ke Belakang Dalam Peningkatan Volume Penjualan Jamur Oleh Umkm Firdaus Mushroom Farm Di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.
Salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh suatu perusahaan adalah strategi diversifikasi konsentris dan integrasi kebelakang, kedua strategi tersebut banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar, dan beberapa UMKM karena dirasa lebih efisien dalam penerapannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa motif penerapan strategi diversifikasi konsentris dan Integrasi ke belakang pada UMKM Jamur Firdaus Mushroom Farm di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana penerapan strategi diversifikasi konsentris dan Integrasi ke belakang pada UMKM Firdaus Mushroom Farm di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember?. 3) Bagaimana dampak dari penerapan strategi diversifikasi konsentris dan integrasi ke belakang dalam meningkatkan volume penjualan jamur oleh UMKM Firdaus Mushroom Farm di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui motif dari penerapan strategi diversifikasi konsentris dan integrasi ke belakang pada UMKM Firdaus Mushroom Farm di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui penerapan strategi diversifikasi konsentris dan integrasi ke belakang pada UMKM Firdaus Mushroom Farm di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi diversifikasi konsentris dan integrasi ke belakang dalam meningkatkan volume penjualan jamur oleh UMKM Firdaus Mushroom Farm di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian adalah: 1) Motif dari penerapan strategi diversifikasi konsentris dan integrasi ke belakang ada 2 motif yakni, motif ekonomi dan sosial. 2) Penerapan strategi diversifikasi konsentris menggunakan cara langsung dan pemesanan, sedangkan penerapan strategi integrasi ke belakang menggunakan program kemitraan. 3) Secara keseluruhan strategi diversifikasi konsentris dan integrasi kebelakang terbukti dapat meningkatkan volume penjualan.
Kata kunci: diversifikasi konsentris, integrasi ke belakang, volume penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Luluk Kholifatul Mukarromah
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:56
Last Modified: 14 Sep 2022 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13123

Actions (login required)

View Item View Item